Festival Qasidah Perkuat Wisata Halal Padang

id Mahyeldi Ansharullah

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah.

Padang, (Antara Sumbar) - Wali Kota Padang, Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mengatakan gelaran Festival Seni Qasidah Nasional ke-22 pada November 2017 memperkuat pelaksanaan wisata halal di daerah itu.

"Ribuan peserta atau kafilah nantinya akan datang dan tentu tidak hanya berlomba namun juga menikmati wisata," ucapnya di Padang, Jumat.

Menurut dia, salah satu prinsip wisata halal yakni berwisata sesuai norma, inilah yang diupayakan konsisten dalam pengelolaan wisata.

Tentunya dengan kedatangan peserta Qasidah dari 34 provinsi yang memiliki budaya sesuai ketentuan agama, wisata halal di Sumbar akan lebih dirasakan.

Seperti menikmati kuliner di rumah makan yang telah direkomendasikan dengan prinsip bersih, tertata, sesuai aturan, layak, dan halal.

Atau berbelanja di Pasar Raya yang tengah ditata dan direnovasi.

"Gelaran festival qasidah juga sebagai komitmen Padang menjadi kota pendidikan, berbudaya dan Islami," ujarnya.

Diprediksi akan ada perwakilan 34 provinsi yang ikut dalam lomba tersebut dengan masing-masingnya berjumlah 80 orang lebih.

Ada sekitar 2.500 orang ditambah ratusan ofisial yang ikut tentu akan meningkatkan perputaran uang di Padang pada 18 hingga 25 November 2017.

Untuk itu pihaknya melalui skpd yang ada khususnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menyiapkan beragam kegiatan dan penyiapan penginapan serta objek wisata untuk melancarkan kegiatan itu.

Selain itu dia berharap masyarakat dapat menjaga keamanan dan suasana kondusif selama kegiatan berlangsung.

Sementara itu salah satu tokoh masyarakat di Pauh Syafriadi mengatakan kegiatan festival qasidah dapat meningkatkan identitas Padang sebagai destinasi wisata bernuansa Islami.

Dia berharap melalui berbagai program, kegiatan berskala besar semacam itu juga dilibatkan masyarakat.

Dengan begitu masyarakat dapat merasakan dampak positif dari kegiatan itu. (*)


Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar