Wako Solok: Kader PKK Bantu Sukseskan Program Pemerintah

id KB Kesehatan

Wako Solok: Kader PKK Bantu Sukseskan Program Pemerintah

Wali Kota Solok, Zul Elfian pada pencanangan PKK KB Kesehatan tingkat Kota Solok, Selasa (10/10). (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Solok, (Antara Sumbar) - Wali Kota Solok, Sumatera Barat, Zul Elfian mengatakan keberadaan kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sangat membantu dalam menyukseskan program pemerintah dalam upaya menyejahterakan masyarakat di daerah itu.

"Termasuk juga kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan telah banyak menunjukkan nilai positif, dan hasil nyata dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Kota Solok," katanya pada pencanangan Kesatuan Gerakan PKK KB Kesehatan di Lubuk Sikarah, Kota Solok, Selasa.

Ia mengatakan bentuk peningkatan itu terlihat dari munculnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan, dan menciptakan lingkungan yang bersih dan nayaman.

Kondisi ini pada akhirnya menjadikan Kota Solok sebagai kota sehat dan nyaman untuk ditinggali, tentu itu berkaitan dengan suksesnya program PKK di kota itu.

Menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan memang harus dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

Karena itu ia meminta semua kader PKK agar mampu menjadi teladan bagi lainnya sehingga pada akhirnya semua warga kota menjadi masyarakat yang sehat.

"Jadi kegiatan PKK KB Kesehatan ini harus kita teruskan, karena dampaknya yang sangat positif bagi masyarakat dan kota kita," katanya.

Kader PKK jangan sampai merasa bosan dalam memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada keluarga dan masyarakat akan pentingnya kesehatan, termasuk pemenuhan gizi khususnya anak dan balita.

Ketua panitia pencanangan Kesatuan Gerakan PKK KB Kesehatan Kota Solok, Elly Umar Rivai mengatakan saat ini pihaknya sedang fokus pada peningkatan cakupan pelayanan KB Kesehatan mendeteksi dini kanker mulut rahim atau inspeksi visual dengan asam asetat (IVA).

"Kita melaksanakan pemeriksaan IVA di tempat pelayanan yang telah disediakan dengan harapan mampu meningkatkan kesehatan para wanita," kata dia.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kota Solok, Zulmiyetti Zul Elfian mengharapkan kader PKK terlihat aktif dalam kegiatan PKK KB Kesehatan yang diadakan dari 1 Oktober sampai 30 Desember 2017.

Ia mengatakan pada 2016, Kelurahan Nan Balimo mendapatkan Juara I Posyandu tingkat provinsi dan mewakili Sumatera Barat ke tingkat nasional.

Pada tingkat nasional Kota Solok mendapatkan predikat sebagai pelaksana terbaik posyandu kategori Prakarti Madya pada 2017.

Untuk tahun 2017, PKK KB Kesehatan menargetkan empat kategori yang dilombakan mendapatkan juara, yakni pelaksana terbaik PKK KB Kesehatan, pelaksana terbaik posyandu, pelaksana terbaik perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta pelaksana terbaik lingkungan bersih dan sehat.

Saat ini PKK Kota Solok telah bekerja sama dengan BPJS, Dinas Kesehatan, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB dalam pelaksanaan pelayanan IVA, sehingga pelayanan yang telah dilakukan sampai 30 September 2017 sudah berjumlah 1.205 orang. (*)