Islandia Jadi Negara Terkecil yang Lolos ke Piala Dunia 2018

id Piala Dunia

Islandia Jadi Negara Terkecil yang Lolos ke Piala Dunia 2018

Piala Dunia Rusia. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Reykjavik, (Antara Sumbar) - Islandia menjadi negara terkecil yang pernah lolos ke Piala Dunia ketika mereka mengalahkan Kosovo dengan skor 2-0 pada Senin. Kemenangan mengamankan tempat di putaran final pertama mereka di Rusia tahun depan sebagai juara Grup I.

Gylfi Sigurdsson menghapus rasa gugup mereka melalui golnya lima menit sebelum turun minum ketika Islandia membuktikan bahwa laju mereka ke perempat final Piala Eropa 2016, yang termasuk kemenangan atas Austria dan Inggris, bukan kebetulan semata.

Sigurdsson juga menjadi aktor di balik gol kedua yang dibukukan Johann Gudmundsson pada pertengahan babak kedua.

Islandia menyelesaikan kualifikasi dengan memenangi tiga pertandingan terakhirnya tanpa kemasukan gol sama sekali.

Ini merupakan pencapaian luar biasa untuk negara yang hanya memiliki populasi sebanyak 350.000 jiwa. Negara terkecil sebelumnya yang pernah mencapai putaran final adalah Trinidad and Tobago, pada 2006, dengan jumlah 1,3 juta penduduk.

Dilatih oleh dokter gigi paruh waktu Heimir Hallgrimsson, Islandia menyelesaikan kualifikasi grup dengan 22 poin dari sepuluh pertandingan mereka.

Sampai kembang api dinyalakan setelah peluit panjang berbunyi, pertandingan Senin di Rykjavik yang diguyur hujan terasa seperti suatu kesempatan bersejarah, di mana tuan rumah mendulang kemenangan rutin melawan tim yang cukup baik secara teknik namun kurang memiliki daya hantam.

Tim inti Islandia mencakup empat pemain yang berkompetisi di divisi kedua Inggris, dua pemain dari Liga Inggris, satu pemain dari Liga Italia, dan masing-masing satu pemain dari divisi teratas Denmark, Swedia, Skotlandia, dan Rusia.

Kemenangan 3-0 di Turki pada Jumat membawa Islandia memuncaki klasemen grup menjelang pertandingan terakhir, meski mereka sempat kesulitan saat berhadapan dengan tim juru kunci klasemen.

Islandia harus menunggu selama setengah jam untuk mendapatkan peluang nyata pertama mereka, ketika tandukan Jon Bodvarsson ke tiang jauh dapat dengan mudah digagalkan Samir Ujkani.

Milot Rashica memberi ancaman kepada Islandia melalui tembakan jarak jauhnya yang melambung di atas gawang Hannes Halldorsson, namun Islandia mampu memimpin pada serangan mereka selanjutnya dan tembakan ke gawang pertama mereka.

Sigurdsson menguasai bola di tepi kotak penalti, melewati Amir Rrahmani dan melepaskan tembakan tanpa dapat dihalau Ujkani untuk menjadi gol keempatnya pada kualifikasi.

Islandia cukup nyaman untuk mempertahankan keunggulan mereka, namun kemudian kembali mencetak gol pada menit ke-68 ketika Sigurdsson kembali melewati Rrahmani dan menggulirkan bola ke tengah untuk diteruskan Gudmondsson dari jarak dekat.

Tujuh kemenangan Islandia di fase grup mencakup lima kemenangan kandang mereka, di mana semifinalis Piala Dunia sebelumnya Kroasia dan Turki berada di daftar korban. (*)