Taekwondoin Solok Menangkan Emas Kalahkan Malaysia

id taekwondo

Taekwondoin Solok Menangkan Emas Kalahkan Malaysia

Shalwa Ivho Mahardika, atlet Kabupaten Solok (tengah) Sumatera Barat memenangkan medali emas di ajang Malaysia Open 2017 (Antara Sumbar/ Istimewa)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Atlet taekwondo asal Kabupaten Solok, Sumatera Barat Syalwa Ivho Mahardika berhasil memenangkan medali emas di ajang Malaysia Open 2017 pada kelas FIN wanita atau kurang dari 42 Kg kategory Olympic di Badminton Stadium Cheras Malaysia, Sabtu (7/10) setelah mengalahkan tuan rumah Malaysia.

Syalwa Ivho Mahardika yang akrab dipanggil Ivho berhasil mengalahkan taekwondoin Shamerra A Chandrarajan dengan skor telak di partai final 8-2. Gadis kelahiran Nagari Koto Gadang Guguk Kecamatan Gunung Talang ini turut mengibarkan merah putih di Negara Malaysia.

Sebelumnya pada partai semifinal, Syalwa Ivho berhasil menundukkan taekwondowin asal India Anjeli Suva Kumaran dengan skor yang sama. Hasil ini turut membanggakan masyarakat Kabupaten solok dan masyarakat Indonesia secara umum.

"Berkat usaha dan kerja keras dan dukungan semua pihak, Tim Taekwondo Solok bisa mengibarkan Merah Putih di Malaysia Open 2017 kali ini," ujar Ivho.

Peluang atlet taekwondo Kabupaten Solok ini masih terbuka lebar untuk menambah pundi medali emas, atlit lainnya atas nama Rionaldi Setiawan yang turun di kelas Bantam Category Olimpic, tengah mempersiapkan diri menghadapi partai semifinal.

Hari Minggu ini masih akan bertanding di kelas sub junior atas nama Abelka Vidi Jarvino dan kelas junior atas nama Fathan Vidi Naufal.

"Mohon dukungan dan do'a segenap masyarakat Solok dan Indonesia, mudah-mudahan bisa menambah medali lagi," ujarnya.

Ketua KONI Kabupaten Solok, Rudi Horizon mengatakan sangat mengapresiasi atas prestasi kaliber internasional yang berhasil ditorehkan atlet taekwondo kabupaten Solok.

Pada Event kali ini, KONI Solok bersama pengurus cabang (pengcab) Taekwondo Solok hanya mampu memberangkatkan satu tim dengan empat atlet dan satu orang pelatih.

"Kita masih terbatas anggaran, makanya kita hanya memberangkatkan empat atlet dan satu pelatih, rencananya delapan orang atlet, tapi kita sangat bersyukur dengan capaian yang diraih atlet kita," ujarnya.

Ia berharap akan lebih banyak lagi atlet kabupaten Solok yang mampu bersinar di berbagai kejuaraan dan event, baik sifatnya lokal, nasional maupun Internasional.

"Semoga ini menjadi motivasi bagi kita semua," ujarnya. (*)