Polisi Siapkan 200 Personel Amankan TdS Rute Agam

id tour de Singkarak..

Polisi Siapkan 200 Personel Amankan TdS Rute Agam

Ilustrasi (Antara)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor Agam, Sumatera Barat, mengerahkan sebanyak 200 personel untuk mengamankan rute yang akan dilalui peserta Tour de Singkarak (TdS) pada November 2017

Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi di Lubukbasung, Minggu, mengatakan, ke 200 personel ini akan melakukan pengamanan di persimpangan, tempat keramaian, Kelok 44 dan lokasi finis di Ambun Tanai Kecamatan Matur.

"Masing-masing titik ini akan kita kerahkan satu sampai lima personel. Khusus Kelok 44 akan kita tempatkan satu anggota setiap kelok," katanya.

Ia menambahkan, wilayah hukum Polres Agam masuk dalam dua etape yakni, etape tujuh dari Kota Pariaman menuju Kabupaten Pasaman Barat dan etape delapan dari Kabupaten Padangpariaman menuju Ambun Tanai Kabupaten Agam.

Pada etape tujuh itu, tambahnya, akan melalui Kecamatan Tanjungraya, Lubukbasung, Ampeknagari dan Palembayan pada Jumat (22/11).

Sedangkan etape delapan akan melalui Kecamatan Tanjungmutiara, Lubukbasung, Tanjungraya dan Matur pada Sabtu (25/11).

"Pengamanan akan kita lakukan mulai dari daerah perbatasan Agam dengan Padangpariaman bertempat di Kecamatan Tanjungmutiara sampai lokasi finis di Ambun Tanai dan Kecamatan Tanjungmutiara sampai perbatasan Agam dengan Pasaman di Palembayan," katanya.

Polres Agam akan melakukan rekayasa lalu lintas dan menyiapkan jalan alternatif bagi pengendara.

"Ini bertujuan agar pengendara tidak terganggu selama pelaksanaan kegiatan itu," katanya.

Sementara itu, kata Kepala Bidang Pengembangan dan Promosi Pariwisata, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat, Rinaldi menambahkan, panitia kabupaten telah melakukan rapat persiapan menjelang pelaksanaan TdS.

Rapat persiapan digelar di aula dua kantor bupati, Senin (2/10), dihadiri perwakilan Polres Agam, Polres Bukittinggi, Dandim 0304 Agam, seluruh kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan wali nagari.

"Kita terus melakukan pembenahan menjelang pelaksanaan event tahunan itu," katanya.

Terkait dengan kondisi jalan yang akan dilalui, katanya, Pemkab Agam, pemprov Sumbar dan pemerintah pusat telah memperbaiki jalan yang akan dilalui.

Rencananya, panitia pusat akan meninjau rute tahap akhir pada awal Oktober 2017. (*)