Ingin Untung Tapi Buntung, Pencuri Sasar Sepeda Gunung Lalu Tertangkap

id pencurian

Ingin Untung Tapi Buntung, Pencuri Sasar Sepeda Gunung Lalu Tertangkap

Ilustrasi. (Antara)

Sidoarjo, (Antara Sumbar) - Petugas Kepolisian Sektor Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur menangkap dua orang pelaku yang sudah dua kali mencuri sepeda gunung di wilayah hukum setempat.

Kanit Reskrim Polsek Waru Iptu Untoro, Sabtu mengatakan, dua orang yang ditangkap ini berinisial RR dan RK warga Rungkut, Surabaya.

"Dalam melancarkan aksinya, kedua pelaku menyewa (rental) mobil untuk berkeliling mencari sasaran pencurian," ucapnya.

Sepeda yang dicuri bukan sepeda biasa, tetapi sepeda gunung yang harganya di atas Rp10 juta.

"Niat untuk mencuri sepeda gunung ini sudah direncankan, bahkan tersangka juga membawa senjata tajam untuk berjaga-jaga jika aksinya diketahui orang lain," ucapnya.

Iptu Untoro mengatakan, dari pengakuannya, kedua tersangka sudah dua kali melakukan pencurian sepeda gunung, dan mengaku yang mereka curi sepeda yang berharga mahal.

"Kedua pelaku mengaku mencuri sepeda gunung mudah untuk dijual, dan tidak harus dilengkapi surat-surat," katanya.

Ia menjelaskan, untuk melaksanakan aksinya, kedua pelaku lebih memilih lokasi perumahan dengan posisi sepeda terparkir di teras.

"Dengan menggunakan peralatan yang sudah dipersiapkan, kedua pelaku mencuri sepeda untuk dijual. Bahkan, ada juga yang sudah memesan sepeda kepada tersangka. Kasus ini masih terus kami kembangkan," ujar Iptu Untoro.

Atas kasus ini, kata dia, kedua pelaku dijerat pasal 53 jo pasal 363 KUHP dengan ancaman penjara lebih dari dua tahun.

"Kami meminta kepada masyarakat untuk segera melaporkan kepada petugas kepolisian terdekat jika mengetahui ada hal-hal yang dianggap mencurigakan," ujarnya. (*)