Wako Padang: TNI Bantu Program Daerah

id Mahyeldi Ansharullah

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Wali Kota Padang, Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah menyebutkan kehadiran TNI selama ini telah banyak membantu terlaksananya program daerah.

"Sejauh ini TNI telah banyak membantu program dan perencanaan yang dilakukan Pemerintahan Kota Padang, semoga sinergitas seperti ini terus terjaga," katanya ketika menghadiri upacara HUT TNI ke-72 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol, Padang, Kamis.

Ia menyebutkan salah satu bentuk kerja sama itu adalah nota kesepahaman yang ditandatangani dengan Korem 032 Wirabraja beberapa waktu lalu.

"Ada penandatangan MoU dengan Korem untuk menanamkan nasionalisme dan kedisiplinan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN)," katanya.

Selain itu, katanya, penataan dan penertiban kawasan Pantai Padang sebagai salah satu objek wisata juga tidak terlepas dari kontribusi TNI.

"TNI sejauh ini juga sudah banyak membantu menangani beberapa persoalan seperti tawuran antar pelajar, kenakalan remaja, dan pemberantasan radikalisme," jelasnya.

Ia berharap hubungan yang baik antara masyarakat, pemerintah, TNI dan Polri terus terjaga untuk melawan sesuatu yang mengancam persatuan dan kesatuan.

Sementara Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Kolonel Marinir Lasmono, menegaskan pulau terluar adalah prioritas pengamanan dari TNI.

"Penjagaan keamanan pulau terluar di Indonesia, adalah salah satu prioritas pengamanan bagi TNI saat ini dari segala bentuk ancaman dan pelanggaran hukum," katanya.

Beberapa pulau yang dinilai strategis, katanya, adalah Natuna, Yamdena, Selaru, Morotai, Biak, dan Merauke.

Sementara untuk Sumbar, yang masuk sebagai pulau terlaur adalah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Selain itu, ia juga menyebutkan TNI harus memaksimalkan pelaksanaan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Seperti penganggulangan kebakaran hutan, bantuan korban banjir dan longsor, dan operasi tinombala dalam menumpas aksi-aksi terorisme.

Ia juga mengingatkan agar TNI terus membangun komunikasi yang baik dengan rakyat, sebagai bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa dalam membela negara.
Upacara HUT TNI ke-72 dilaksanakan di Ruang Terbuka Hijau Imam Bonjol, Padang, dengan tema "Bersama Rakyat, TNI Kuat".

Pada kegiatan itu juga digelar pementasan drama yang mengilustrasikan sejarah perjuangan melawan Belanda, seni bela diri Yong Moo Do dari Yonif 133 Yudha Sakti, Karate Rampak Gendang dari Balyon Marinir Pertahanan Angkatan Laut II Padang, dan tarung derajat. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar