Presiden Terpukau Jurus Macan Kemayoran dan Elang di Cilegon

id Joko Widodo

Presiden Terpukau Jurus Macan Kemayoran dan Elang di Cilegon

Presiden RI, Joko Widodo. (Antara)

Cilegon, (Antara Sumbar) - Presiden Joko Widodo terpukau menyaksikan kebolehan yang ditampilkan oleh siswa SD kelas 6 bernama Novan Zumi Zola yang menampilkan jurus macan kemayoran dan jurus elang di ASA Sport Center, Cilegon,Banten.

Menurut laporan Antara di Cilegon pada Kamis siang, Novan memperagakan kebisaannya bersilat saat ditunjuk Presiden ke atas panggung.

Usai memperagakan kemahiran silatnya, Novan tidak berani meminta sepeda dan langsung kembali ke tempat duduknya.

Sontak warga tertawa melihat kelakuannya yang malu-malu menoleh kebelakang berharap sepeda Jokowi.

Presiden yang terkekeh pun segera memanggil Novan kembali dan memberikannya sepeda dari sisi kanan panggung. Novan pun berlari gembira menghampiri sepeda yang dibawakan oleh anggota Paspampres.

Kepala Negara membagikan ribuan bantuan sosial berupa Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Cilegon untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Keluarga yang mendapat bantuan PKH di Cilegon sebanyak 947 kepala keluarga.

Sedangkan siswa siswi yang menerima KIP total sebanyak 1.171 dengan rincian siswa SD 685, siswa SMP 238, siswa SMA 53, siswa SMK siswa 149 dan siswa program kesetaraan paket B 10, serta paket C 35 siswa.

"Gunakanlah semua anggaran dan dana yang ada di Kartu Indonesia Pintar untuk hal-hal yang berkaitan dengan sekolah dan pendidikan kemudian juga tabungan maupun kartu di Program Keluarga Harapan betul-betul kita gunakan untuk gizi anak," kata Presiden dalam sambutannya saat pembagian KIP&PKH di Kecamatan Cilegon.

Presiden mengatakan pemerintah berencana menambah dana bantuan pada tahun berikutnya jika terdapat anggaran lebih.

"Kalau dana dari kartunya untuk beli rokok, akan dicabut (kartunya). Tahun depan tidak diberi lagi," jelas Jokowi.

Masyarakat yang menunggu di luar ruangan Asa Sport Center, Cilegon menyambut meriah kedatangan Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada sekitar pukul 14.20 WIB.

Di dalam ruangan pun Presiden menyempatkan bersalaman dengan para warga yang telah menanti kedatangannya dan disambut sorakan terharu.

Sejumlah pejabat yang mendampingi Presiden dalam acara itu adalah Menteri Sosial Khofifah Indarparawansa, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta Kepala Staf Presiden Teten Masduki. (*)