Bupati Solok : Figur Guru Tekan Pengaruh Negatif

id PGRI

Bupati Solok Gusmal. (ANTARA SUMBAR/Tri Asmaini)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Bupati Solok, Sumatera Barat Gusmal mengajak agar figur guru dapat membantu menekan pengaruh negatif teknologi yang sering digunakan remaja dan siswa sekolah di Kabupaten tersebut.
"Guru sebagai figur yang diharapkan membentuk karakter anak-anak sehingga mesti tampil dalam kedaulatan, hendaknya dapat memberikan pengaruh kepada siswanya," kata Bupati Solok Gusmal, saat membuka acara Seminar Nasional PGRI Kabupaten Solok di Sport Hall Batu Tupang, Koto Baru.

Ia menjelaskan pengaruh negatif teknologi seperti internet yang sangat mudah diakses melalui smartphone yang mendorong perilaku tindak kekerasan, perilaku seks remaja yang menyimpan, narkotika dan napza sangat buruk jika ikuti siswa sekolah.

Menurutnya, semakin lemahnya peran masyarakat untuk bersinergi dalam pendidikan karena mulai berkurangnya sikap kepedulian sosial terdapat sesama.

Untuk itu PGRI diharapkan tampil sebagai organisasi profesional yang mampu memberikan perlindungan terhadap para anggotanya, bersinergi dengan pemerintah dalam rangka peningkatan kompetensi guru.

"Dan didengar siswanya agar terhindar dari pengaruh negatif internet, game, dan lainnya yang membuat siswa lupa tujuan utamanya untuk belajar," ujarnya.

Figur guru yang baik dan menjadi contoh teladan harus menjadi perhatian utama guru saat ini dalam melahirkan generasi emas 2045 sebagai program pendidikan Nasional.

Sementara itu Ketua PGRI Kabupaten Solok Asrinur mengatakan tujuan seminar Nasional PGRI kabupaten Solok yang dilaksanakan sebagai ajang silaturahim sesama guru di Kabupaten Solok.

"Dengan diadakan sosialisasi ini kami berharap para guru dapat memahami tugas dan fungsinya sebagai seorang pendidik," ujarnya.

Acara juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Solok Hardinalis Kobal, Kepala Kemenag Kabupaten Solok Alizar Chan, Kepala dinas pendidikan Kabupaten Solok Sahrul Efendi, Kepala OPD beserta camat di lingkup pemerintah kabupaten Solok, Sekjen PB PGRI Qudrat Nugraha, Ketua PGRI Sumatera barat Zainal Akil, Ketua PGRI kabupaten Solok Asrinur dan para peserta seminar PGRI seKabupaten Solok. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar