Baznas Pesisir Selatan Kumpulkan Zakat Rp3,7 Miliar

id Zakat

Baznas Pesisir Selatan Kumpulkan Zakat Rp3,7 Miliar

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Painan, (Antara Sumbar) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengumpulkan zakat dari pemberi zakat atau muzzaki di daerah itu sebanyak Rp3,7 miliar hingga Oktober 2017.

"Zakat yang terkumpul saat ini sebanyak RP3,7 miliar padahal target 2017 hanya Rp3,5 miliar," kata Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni usai rapat paripurna pengesahan Peraturan Daerah Tentang Zakat di Painan, Selasa.

Ketua Baznas Yuspardi memperkirakan zakat yang akan terkumpul hingga akhir tahun 2017 mencapai Rp5 miliar.

"Mudah-mudahan dengan telah disahkannya Perda Tentang Zakat, jajaran Baznas Pesisir Selatan semakin terpacu untuk mengumpulkan zakat," katanya.

Ia menyebutkan zakat yang terkumpul oleh Baznas Pesisir Selatan diarahkan kepada beberapa program di antaranya beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa kurang mampu, bedah rumah tidak layak huni, bantuan modal usaha, biaya berobat dan lainnya.

Untuk memaksimalkan pengumpulan zakat pihaknya berencana membuka komunikasi dengan beberapa investor di daerah itu agar zakat dari gaji pegawainya bisa dikelola oleh Baznas Pesisir Selatan.

"Kami akan mengupayakan berbagai cara untuk memaksimalkan pengumpulan zakat dengan harapan zakat yang terkumpul bisa membantu masyarakat yang berhak menerimanya," katanya lagi.

Bahkan dengan adanya program beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa kurang mampu serta bantuan modal usaha diharapkan mereka yang awalnya berstatus sebagai penerima beralih menjadi pemberi zakat atau muzzaki.

Sebelumnya pada Jumat (29/9), Baznas Pesisir Selatan menyalurkan beasiswa sebanyak Rp439.100.000 ke 376 pelajar dan mahasiswa kurang mampu di daerah itu.

Kepala Baznas Pesisir Selatan Yuspardi memastikan penyerahan beasiswa dilakukan tanpa intervensi dari pihak manapun namun sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelajar dan mahasiswa.

"Bagi calon peserta yang belum menerima beasiswa namun sudah mengajukan permohonan kami harap bersabar, insya Allah kami upayakan pada periode selanjutnya," katanya. (*)