Kemenkes Nilai Lima Puskesmas Pasaman Barat, Berikut Sasaran

id Syahiran

Kemenkes Nilai Lima Puskesmas Pasaman Barat, Berikut Sasaran

Bupati Pasaman Barat, Syahiran (kiri dua) saat menyambut tim surveyor penilai akriditasi Puskesmas Kemenkes RI di Simpang Empat, Senin (2/10). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia melakukan penilaian akreditasi terhadap lima Puskesmas di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Puskesmas yang dinilai itu adalah Puskesmas Silaping Kecamatan Ranah Batahan, Puskesmas Paraman Ampalu Kecamatan Gunung Tuleh, Puskesmas Kinali, Puskesmas Sasak dan Puskesmas Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang.

Bupati Pasaman Barat, Syahiran di Simpang Empat, Senin, saat bersama tim surveyor penilai akreditasi Puskesmas Kemenkes RI mengingatkan bagi kepala Puskesmas yang dikunjungi untuk memberikan pelayanan yang baik bagi tim penilai.

Selain itu terpenting adalah harus bersikap pro-aktif di lapangan dalam menerima masukan dari tim sebagai bahan evaluasi.

"Ke depannya tentunya kita harapkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hal pelayanan kesehatan di Pasaman Barat ini. Tidak hanya sekedar penilaian saja," katanya.

Ia berharap agar kepala Puskesmas memanfaatkan momentum penialain akreditasi yang dilakukan tim surveyor penilai akreditasi Kemenkes RI untuk meningkatkan derajat dan pelayanan kesehatan di Pasaman Barat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat, Haryunidra menyampaikan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 75 tahun 2014 tentang Puskesmas dan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 46 tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter dan Dokter Gigi, seluruh Puskesmas di Indonesia harus terakreditasi di tahun 2019.

"Akreditasi Puskesmas sangat penting untuk meningkatkan mutu pelayanan dasar secara berkesinambungan, berkualitas, sesuai standar dan berfokus pada kepuasan pasien," sebutnya.

Puskesmas yang dinilai bisa memberikan setiap data yang ada. Kelengkapan dokumen Puskesmas sangat penting dalam penilaian.

Pasaman Barat memiliki 20 Puskesmas yang tersebar di 11 kecamatan. Tiga diantaranya telah dilakukan penilaian akreditasinya oleh tim surveyor penilai akreditasi Kemenkes RI adalah Puskesmas Sukamenanti Kecamatan Pasaman, Puskesmas Sungai Aur dan Puskesmas Talu Kecamatan Talamau. (*)