Napi Lapas Padang Ditangkap Kembali Usai Kabur

id Napi Lapas

Warga Binaan Lapas Padang, Sumbar, Syarial (25), ditangkap kembali setelah kabur pada Minggu (1/10). ANTARA Sumbar/ Doc. Lapas

Padang, (Antara Sumbar) - Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Muaro Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Syarial (25), diringkus kembali setelah sempat kabur sekitar satu jam lebih, Minggu.

"Ia melarikan diri sekitar pukul 13.00 WIB, melalui ruang genset yang baru dioperasikan karena mati lampu. Setelah itu menjebol plafon," kata Kepala Lapas Padang Sri Yuwono, di Padang, Minggu.

Usai menjebol plafon, katanya, napi kasus pencurian itu jalan di atas atap, kemudian menuju pintu cadangan yang letaknya berdekatan dengan pos atas 4.

"Pergerakan napi itu memang tidak bisa dilihat dari pos atas 4, ia sepertinya mempertimbangkan hal tersebut," jelasnya.

Niat Syarial untuk menghirup udara dihentikan oleh penjaga kantin Teten, yang menyaksikannya sebelum benar-benar keluar dari lingkungan Lapas Padang.

"Ibu kantin yang melihat napi tersebut, langsung meneriki maling karena menyangkanya Syarial adalah maling," jelasnya.

Petugas Lapas yang saat itu berjumlah sembilan orang, kemudian langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan melakukan pengejaran.

Alhasil napi itu berhasil diringkus kembali sekitar pukul 14.30 WIB, ketika bersembunyi di kolong mobil kawasan Vihara Buddha Warman, yang jaraknya sekitar 100 meter dari Lapas.

Sri Yuwono menjelaskan, setelah ditangkap napi bersangkutan ditempatkan di sel khusus Lapas Padang, sambil menjalani pemeriksaan.

Sebelumnya, Syarial adalah narapidana kasus pencurian yang dijatuhkan hukuman penjara selama dua tahun enam bulan.

Sementara di Lapas Padang saat ini jumlah penghuni sebanyak 1.369 warga binaan. (*)
Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar