Tim Percepatan Pembangunan Diminta Optimalkan Penyerapan Anggaran

id percepatan pembangunan

Tim Percepatan Pembangunan Diminta Optimalkan Penyerapan Anggaran

Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). (Antara)

Batusangkar, (Antara Sumbar) Sekretaris Daerah Tanah Datar, Hardiman meminta Tim Percepatan Pengendalian Pembangunan untuk mengoptimalkan penyerapan anggaran pada APBD 2017.

Tim yang telah dibentuk ini hendaknya bekerja memenuhi prinsip tepat waktu, tepat mutu, tepat administrasi, tepat sasaran dan tepat pengendalian, kata Sekda Hardiman di Batusangkar, Sabtu.

Tim percepatan pengedalian pembangunan ini dibentuk sebagai upaya peringatan dini dalam pelaksanaan kegiatan dan mempermudah koordinasi antar para pengambil keputusan.

Apalagi saat ini sudah pada akhir triwulan III sehingga sangat dibutuhkan kerja keras seluruh OPD untuk mempercepatan pelaksanaan kegiatan pembangunan baik fisik maupun non fisik terutama kegiatan yang bersifat strategis, katanya.

Ia mengharapkan tim ini membantu pelaksanaan program dan kegiatan secara sistematis di masing-masing OPD dan dilaporkan secara berjenjang agar pelaksanaan dapat terkontrol dengan baik.

Manfaatkanlah fasilitas sosial media dengan sebaik-baiknya untuk memperlancar komunikasi dan koordinasi tim, katanya.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Tanah Datar, Helfy Rahmi Harun menyampaikan tim percepatan pengendalian pembangunan ini terdiri dari tim koordinasi dan kelompok kerja dan secara permanen bekerja setiap tahunnya.

Dengan adanya tim ini diharapkan segera dicarikan solusi-solusinya ketika terjadi permasalahan dan kendala dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan, katanya.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setdakab Tanah Datar, Audia Safitri menyampaikan tim bertugas melakukan evaluasi secara berkala terhadap perkembangan kegiatan, merekapitulasi laporan kegiatan dan penyerapan anggaran beserta permasalahan-permasalahannya, menyusun laporan kegiatan dan mengentri data.

Kita sedang menyusun SOP dan Juklak pengendalian kegiatan pembangunan yang akan menjadi pedoman tim khususnya dan bagi OPD, katanya. (*)