BAZ Salurkan Zakat Padang Panjang Makmur

id Baznas

BAZ Salurkan Zakat Padang Panjang Makmur

Baznas (Antara)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, menyalurkan zakat dalam Program Padang Panjang Makmur tahap III pada 2017 sebesar Rp266.1 juta.

Ketua Harian BAZ Padang Panjang Rafles Sama di Padang Panjang, Sabtu mengatakan zakat yang diberikan itu untuk peningkatan ekonomi kerakyatan.

"Zakat ini juga untuk memotivasi penerima agar lebih bertaqwa kepada Allah," ujarnya.

Ia berharap kepada mustahik bisa mempergunakan dana zakat tersebut dengan sebaik-baiknya.

"Pergunakanlah sesuai dengan peruntukannya, sehingga bisa keluar dari keterpurukan ekonomi dan menjadi muzaki kedepannya," katanya.

Ia mengatakan, zakat ekonomi produktif itu diserahkan kepada 107 mustahik atau penerima zakat yang ada di daerah itu untuk peningkatan ekonomi kerakyatan.

"Dana tersebut disalurkan mulai hari ini dengan nilai bervariasi, dari Rp1,5 juta sampai Rp5 juta. Ini merupakan yang tiga kalinya secara kolektif pada 2017 ini," jelasnya.

Sebelum dilakukan penyaluran zakat tersebut, BAZ Padang Panjang terlebih dahulu melakukan sosialisasi terhadap para mustahik.

"Sebelum dana bantuan disalurkan, BAZ juga terlebih dahulu melakukan verifikasi terhadap para mustahik tersebut," tambahnya.

Salah seorang penerima zakat Marlis mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh BAZ tersebut, dengan harapan bisa mengangkat derajat perekonomiannya.

"Alhamdulillah, mudah-mudahan batuan ini berkah dan bisa berkembang, sehingga saya tidak lagi jadi penerima zakat nantinya," katanya.

Menurut dia, program dari BAZ Padang Panjang dalam menyalurkan zakat sangat baik, sehingga bisa memberikan motivasi bagi warga yang tergolong kurang mampu dalam mencari nafkah.

"Penerima zakat bisa termotivasi, berinovasi dalam berusaha untuk kelangsungan hidup, dengan harapan keluar dari keterpurukan ekonomi nantinya," sebutnya. (*)