Baznas Sumbar Bantu Rohingya Rp150 Juta

id baznas

Baznas Sumbar Bantu Rohingya Rp150 Juta

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumatera Barat memberikan bantuan sebesar Rp150 juta untuk warga etnis Rohingya yang sedang terkena musibah kemanusiaan di Myanmar melalui pemerintah provinsi setempat.

"Kami berharap bantuan ini bisa sedikit meringankan beban mereka di sana," kata Ketua Baznas Sumbar, Syamsul Bahri Khatib di Padang, Kamis.

Ia mengatakan itu usai menyerahkan bantuan secara simbolis menyerahkan bantuan tersebut kepada Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit di Padang.

Menurutnya bantuan yang diberikan itu dalam bentuk uang agar lebih mudah dikelola. Sementara teknis penyerahan hingga sampai di Myanmar akan diserahkan pada Pemprov Sumbar.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengapresiasi peran Baznas yang selalu turun tangan memberikan bantuan setiapkali ada musibah menimpa masyarakat, tidak hanya dalam dan luar negeri.

Ia mengatakan bantuan tersebut akan digabungkan dengan bantuan yang telah terkumpul dalam rekening Bank Nagari atas nama Sumbar Peduli Rohingya.

"Bantuan Baznas sebanyak Rp150 juta menambah jumlah donasi Sumbar Peduli Rohingya. Saat ini terkumpul dana sekitar Rp750 juta, belum termasuk bantuan dari Bank Nagari," kata dia.

Nasrul berharap masih ada penambahan sumbangan dari donatur, selain Bank Nagari hingga bisa terkumpul setidaknya Rp1 miliar.

Agar pengelolaan lebih mudah, bantuan tetap dalam bentuk uang yang diserahkan kepada lembaga kredibel yang ditunjuk Kementerian Luar Negeri.

"Nanti biar lembaga ini yang menyesuaikan bantuan dengan kebutuhan warga Rohingya di Myanmar atau Bangladesh," kata dia. (*)