Masyarakat Berharap Jembatan Muaro Gadang Segera Diperbaiki

id Jembatan Rusak

Masyarakat Berharap Jembatan Muaro Gadang Segera Diperbaiki

Ilustrasi - (ANTARA SUMBAR/Arif Pribadi)

Painan, (Antara Sumbar) - Sejumlah masyarakat di Nagari (Desa Adat) Muaro Gadang, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat berharap sebuah jembatan di daerah itu diperbaiki karena kondisinya memprihatinkan.

"Jembatan Muaro Gadang sudah tidak layak dilewati karena kayu yang dijadikan sebagai badan jembatan sudah lapuk dan beberapa diantaranya lepas," kata warga setempat, Saiful Bakri (46) di Painan, Selasa.

Meski demikian, warga tetap melewati jembatan karena merupakan akses satu-satunya menuju daerah sekitar.

"Karena jembatan ini merupakan akses satu-satunya makanya kami berharap perbaikan secepatnya, apalagi jika melewati jembatan pada hujan dan malam hari maka pengendara ataupun pejalan kaki harus ekstra berhati-hati, jika tidak siap-siap untuk jatuh," katanya lagi.

Warga lainnya, Agus (30) mengaku prihatin dengan kondisi jembatan dan juga berharap agar jembatan segera diperbaiki.

"Pada beberapa kesempatan jika yang melewati jembatan adalah lansia terkadang saya menawarkan diri untuk membantu karena jika tidak mereka bisa terperosok ke bawah jembatan," ujarnya.

Terpisah, Camat Linggo Sari Baganti, Jamaludin mengaku telah mengetahui kondisi jembatan dan telah melaporkannya ke dinas terkait.

"Kami berharap laporan yang kami berikan diiringi dengan proposal perbaikan dari wali nagari (kepala desa adat) ke dinas terkait," sebutnya.

Dengan begitu katanya, diharapkan pembangunan jembatan bisa dilaksanakan secepatnya. (*)