Bupati Minta Kepala Sekolah Tingkatkan Kualitas Pendidikan

id Irdinansyah Tarmizi

Bupati Minta Kepala Sekolah Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi. (Antara)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Irdinansyah Tarmizi meminta kepala sekolah tingkat SD dan SLTP serta para pengawasnya untuk membuat program yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolahnya.

"Pemerintah daerah mengharapkan adanya peningkatan kualitas di bidang pendidikan sehingga menghasilkan siswa siswi berprestasi yang bisa diterima di perguruan tinggi negeri di Indonesia," katanya di Batusangkar, Selasa.

Kepala sekolah dituntut untuk mampu membuat perencanaan program sekolah, pelaksanaan rencana kerja, pengawasan dan evaluasi.

Bidang pendidikan sudah menjadi prioritas dalam rencana pembangunan sumber daya manusia yang dimulai dari PAUD, SD, SLTP sampai SLTA.

Beban tugas seorang kepala sekolah dan pengawas cukup berat, disamping sebagai tenaga pendidik juga sebagai fasilitator, pelayanan, perancang, pengelola dan penilai terhadap hasil belajar peserta didik.

Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra mendukung upaya pemerintah daerah dalam peningkatan kualitas pendidikan sesuai motonya tidak ada lagi anak-anak wajib sekolah yang tidak sekolah karena keterbatasan dana.

Jangan sampai terjadi anak-anak tidak bersekolah di Tanah Datar, untuk itu kepala sekolah harus melihat di sekitar sekolah kalau ada anak-anak yang tidak sekolah.

Kepala sekolah diminta bekerja dengan sepenuh hati, jujur, ikhlas serta sesuai aturan dan jangan sekali-kali melakukan perbuatan yang bertentangan dengan peraturan yang berlaku. (*)