Unand-Pemprov Kerja Sama Penguatan Wawasan Kebangsaan

id unand

Unand-Pemprov Kerja Sama Penguatan Wawasan Kebangsaan

Gerbang Kampus Unand. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) dan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta melakukan kerja sama dengan Pemprov Sumbar dalam pembinaan, pemantapan, penguatan wawasan kebangsaan dan peningkatan kesadaran bela negara.

"Nota kesepahaman telah ditandatangani ke depan program wawasan kebangsaan akan dilaksanakan di semua kampus yang terkait," kata Kepala Humas Unand Dafruddin, di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan selama ini kegiatan wawasan kebangsaan dilaksanakan di masing-masing kampus, namun usai kerja sama ini akan dilaksanakan secara integritas dan serentak.

Kerja sama dengan pemprov ini sebagai langkah dalam pengawasan dan pembinaan kegiatan yang bertujuan memperkuat wawasan, keterampilan, motivasi dengan nasionalisme serta bela negara di kalangan mahasiswa tersebut.

Dengan bantuan pemprov ini tentu kegiatan wawasan kebangsaan lebih terpadu dan berkelanjutan.

"Tujuannya menghasilkan sumber daya yang bukan kompetitif namun juga nasionalisme dan cinta tanah air," ujar dia.

Di samping itu kerja sama nantinya juga terarah pada tiga aspek di perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Diharapkan ini sebagai awal keterikatan dan sinergi yang menguntungkan antara dunia kampus dan birokrasi.

Sementara itu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berharap kerja sama dalam pemantapan wawasan kebangsaan bisa menjadi upaya membentuk benteng terhadap ancaman pada keutuhan bangsa.

Muaranya kerja sama ini menghasilkan lulusan yang pro seutuhnya pada negara baik berpikir maupun bekerja untuk kepentingan negara. (*)