Kodim Pariaman Khitan 200 Anak Keluarga Kurang Mampu

id khitanan

Kodim Pariaman Khitan 200 Anak Keluarga Kurang Mampu

Komandan Kodim 0308 Pariaman Letkol Arh Hermawansyah mendampingi salah seorang anak saat melakukan khitanan massal, Selasa (26/9). Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI ke-72. (Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0308 Pariaman Sumatera Barat menggelar khitanan massal bagi 200 anak dari keluarga kurang mampu di wilayah teritorialnya.

"Kegiatan khitanan massal tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI ke-72 dengan melaksanakan berbagai kegiatan," kata Komandan Kodim (Dandim) 0308 Pariaman, Letkol Arh Hermawansyah, di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan kegiatan khitanan massal tersebut sekaligus upaya nyata dari pihak TNI dalam merangkul dan menyantuni masyarakat terutama ekonomi menengah ke bawah.

"TNI harus selalu dekat, berbuat dan melindungi masyarakat, hal itu sudah menjadi rasa tanggung jawab aparat negara," kata dia.

Peringatan HUT TNI ke-72 tersebut pihak Kodim 0308 Pariaman mengadakan beberapa agenda diantaranya bidang olahraga, bakti sosial, dan karya bakti.

Pada bidang olahraga, Kodim setempat mengadakan lomba lari 10 dan lima kilometer, Pariaman Off Road, dan jalan sehat alam. Untuk kegiatan karya bakti pihaknya mengadakan aksi bersih Pasar Tradisional Lubuk Alung, sedangkan kegiatan bakti sosial yaitu sunatan massal dan donor darah.

Ia mengatakan dalam merangkul masyarakat yang kurang mampu untuk ikut serta dalam kegiatan sosial tersebut, personel TNI setempat langsung mendatangi rumah warga.

"Salah satu peran TNI khususnya personel Bintara Pembina Desa adalah menyosialisasikan ke masyarakat tentang berbagai program yang dilaksanakan," ujar dia.

Peringatan HUT TNI ke-72 pihaknya juga berpesan dan mengimbau masyarakat setempat agar tidak merasa takut kepada aparat negara khususnya TNI.

Hal itu kata dia, sesuai dengan salah satu butir delapan wajib TNI yaitu menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Sementara itu Asril salah seorang warga Kelurahan Ujuang Batuang Kecamatan Pariaman Tengah mengatakan merasa terbantu oleh kegiatan bakti sosial khitanan massal yang diadakan Kodim 0308 Pariaman.

"Kami dari keluarga kurang mampu, adanya kegiatan ini anak saya tidak perlu lagi melaksanakan khitanan di rumah sakit dengan mengeluarkan biaya," ujar dia. (*)