Sutan Riska Lantik 178 Kepala Sekolah

id pelantikan kepsek

Sutan Riska Lantik 178 Kepala Sekolah

Pelantikan dan pengambilan sumpah 178 Kepala Sekolah (Kepsek) TK, SD, dan SMP di lingkungan Pemkab Dharmasraya, di Pulau Punjung, Jumat (22/9). (ANTARA SUMBAR/Ilka Jensen )

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), Sutan Riska mengatakan kepala sekolah penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah itu.

"Kepala sekolah berperan menyusun program kegiatan dalam implementasi pembelajaran, dan mendorong guru untuk menjadi inspirasi bagi anak didiknya," katanya dalam pelantikan dan pengambilan sumpah 178 Kepala Sekolah (Kepsek) TK, SD, dan SMP di lingkungan Pemkab Dharmasraya, di Pulau Punjung, Jumat.

Ia mengatakan setelah pelantikan para kepala sekolah diminta menujuk satu perwakilan sebagai koordinator kepsek SMP dan SD untuk memudahkan koordinasi.

Kepala sekolah terus diminta meningkatkan dan mengembangkan inovasi dalam merumuskan kebijakan sehingga mampu memberikan pengajaran berkarakter di bidang akademik maupun non akademik.

Di samping itu kepsek dan tenaga pendidik agar tidak menjadikan sekolah sebagai sarana belajar semata, namun sebagai pusat sekaligus lembaga pendidikan yang mampu menggali, menemukan, dan memaksimalkan potensi, bakat, serta kemampuan anak didik.

Menurutnya pengisian jabatan kepsek diseleksi secara aturan yang berlaku, di samping harus lulus persyaratan administratif dan akademis juga didasarkan pada kompetensi kepribadian, sosial, dan kewirausahaan.

Pertimbangan lainnya, figur yang dipilih dipandang lebih memiliki kemampuan dibandingkan guru lainnya dalam kepemimpinan dan manajemen.

Salah seorang kepala sekolah yang dilantik, Riwahono mengatakan siap mengemban tugas baru yang telah ditetapkan pemerintah setempat.

Menurutnya rotasi dan pengangkatan merupakan suatu bentuk penyegaran yang dinilai perlu dilakukan agar terbangun inovasi baru dalam pengembangan mutu pendidikan yang berkarakter dan berkualitas.

"Apapun itu posisinya, saya rasa seluruh kepala sekolah memiliki tugas untuk membuat kebijakan yang berinovasi, seperti yang diinginkan bupati," ujarnya. (*)