Kwarcab Pramuka 0308 Pasaman Gelar Lomba Peraturan Baris Berbaris Bertongkat

id pramuka

Kwarcab Pramuka 0308 Pasaman Gelar Lomba Peraturan Baris Berbaris Bertongkat

Peraturan Baris Berbaris anggota pramuka. (cc)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka 0308/Pasaman menggelar lomba Peraturan Baris Berbaris Bertongkat dan Tata Upacara dalam rangka memeriahkan Hari Pramuka ke-56 tahun 2017.

Ketua Kwartir Cabang 0308/Pasaman diwakili Kepala Dinas Pendidikan, dan Kebudayaan setempat, Asari di Lubuk Sikaping, Jumat, mengatakan perlombaan tersebut diikuti oleh sebanyak 12 pembina pramuka Kwartir Ranting (Kwaran) yang ada di daerah itu.

"Kita sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Kwarcab 0308/Pasaman yang selalu menggairahkan kegiatan kepramukaan di Pasaman. Kegiatan ini merupakan realisasi amanat Undang-undang Nomor 12 tahun 2010," katanya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini perlu terus dilaksanakan setiap tahunnya.

"Mudah-mudahan kegiatan seperti ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain," ujarnya.

Ia mengatakan tujuan dari perlombaan ini untuk memberikan wadah yang terarah bagi pembina yang ada di seluruh Kwaran di daerah itu.

"Kepada pembina diharapkan untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan mengembangkan dirinya. Kegiatan positif seperti ini yang akan dikembangkan di setiap Kwaran nantinya," katanya.

Ia mengatakan jika pembinanya telah bagus tentu akan mampu membentuk karakter generasi muda yang handal dan memiliki integritas moral yang tinggi sebagaimana yang terkandung dalam isi Dasa Dharma Pramuka.

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab 0308/Pasaman Nazri Can perlombaan tersebut diikuti sebanyak 480 peserta yang berasal pembina di 12 Kwaran se Pasaman.

"Setiap Kwaran mengutus sebanyak 40 peserta, yang terdiri dari 20 pembina laki-laki dan 20 pembina perempuan," ujarnya.

Ia menjelaskan untuk tim penilai, panitia mendatangkan juri dari luar daerah sebanyak sembilan orang yakni enam orang juri dari Purna Racana Universitas Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, dua orang dari kepolisian dan satu orang dari TNI.

"Bagi pemenang lomba juara I, II dan III mendapatkan hadiah berupa tropy dari panitia," katanya. (*)