Tahun Baru Islam di Pasaman Barat Meriah

id Tahun Baru Islam

Tahun Baru Islam di Pasaman Barat Meriah

Bupati Pasaman Barat, Syahiran saat membuka Pekan Muharram Tahun Baru Islam 1439 Hijriah di Kecamatan Ranah Batahan, Kamis (21/9). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), meriah dengan berbagai lomba Islami.

Kegiatan itu di pusatkan di Kecamatan Ranah Batahan yang dimulai sejak 19 hingga 26 September 2017.

"Mudah-mudahan dengan ini kita bisa berubah kearah yang lebih baik," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran di Simpang Empat, Kamis.

Pada Pekan Muharram 2017, digelar Lomba-Lomba bidang keagamaan dan seni Islami, seperti busana muslim, bintang kasidah, kasidah rebana, dakwah, bacaan ayat pendek, bacaan sholat, terjemahan Al Qur'an dan lainnya.

Lomba digelar antar jorong (lurah), TPA/MDA, dan instansi yang akan diikuti berbagai kecamatan di Pasaman Barat.

Menurutnya Tahun Baru Islam membawa pesan perubahan bagi umat Islam. Karena dengan bertambahnya tahun akan berkurangnya umur dan diharapkan bertambahnya amal kebaikan.

Pekan Muharram mulai digelar sejak 2005 dan sudah merupakan ajang tahunan dan menjadi kalender tetap daerah itu.

Ketua Panitia, Hasurungan berharap kegiatan Pekan Muharram 2017 ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar serta lebih meriah dan semarak dibanding tahun sebelumnya.

Dengan pekan Muharram ini memang samarak syiar Islam di Pasaman Barat ini semakin menggema dan dapat bermakna positif dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Kegiatan pekan Muharram 2017, diharapkan akan mampu membawa perubahan yang berarti sesuai prinsip Islam.

"Hari ini harus lebih baik dari hari sebelumnya, hari besok harus lebih baik dari hari ini. Jika sebaliknya, maka mereka adalah orang yang merugi," katanya. (*)