Sambut Tahun Baru Islam, Ribuan Pelajar Pariaman Pawai Obor

id Pawai Obor

Sambut Tahun Baru Islam, Ribuan Pelajar Pariaman Pawai Obor

Sejumlah warga mengikuti pawai obor di kawasan Cikini, Jakarta, Rabu (20/9). Pawai tersebut dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar/kye/17.)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Sebanyak 1.200 pelajar di Kota Pariaman, Sumatera Barat, mengikuti pawai obor dan Tabligh akbar dalam rangka menyambut dan memeriahkan tahun baru Islam di daerah itu.

"Ribuan pelajar tersebut tergabung dari 20 Sekolah Dasar, 10 Sekolah Menegah Atas dan 22 Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama sederajat negeri maupun swasta di Pariaman," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat, Kanderi di Pariaman, Rabu malam (20/9).

Khusus para anak didik tingkat SD pemerintah daerah hanya memfokuskan dari Kecamatan Pariaman Tengah saja. Hal tersebut karena dikhawatirkan pelajar dari tiga kecamatan lainnya jauh dari lokasi kegiatan.

Ribuan para pelajar tersebut akan diajak merenungi, menghayati dan menyemarakkan datangnya tahun baru islam di daerah itu.

Hal tersebut sejalan dengan salah satu bidang studi yaitu Agama Islam dan sekaligus selaras dengan visi misi Kota Pariaman menjadikan daerah tujuan wisata dan ekonomi kreatif berbasis lingkungan budaya dan agama.

Para anak didik juga diserukan membacakan kalimat Selawat Nabi, menyanyikan lagu islami serta kegiatan bernuansa agamis selama mengikuti tersebut.

"Tujuannya agar mereka memahami lebih jauh dan membangun karakter yang positif sebagai umat islam," ujarnya.

Ia mengatakan untuk menghindari hal-hal negatif terhadap anak didik selama mengikuti kegiatan itu, dinas terkait telah menginstruksikan kepada seluruh sekolah agar mengirimkan masing-masing lima guru pembimbing termasuk kepala sekolah.

Pawai obor dimulai dari Balaikota setempat menuju lokasi Pentas Gandoriah tempat pemusatan kegiatan tabligh akbar.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat Effendi Jamal mengatakan dalam rangka menyambut tahun baru islam dan Pesta Budaya Tabuik 2017 pemerintah daerah mengadakan beberapa rangkaian kegiatan.

"Salah satu kegiatannya yaitu pawai obor dan tabligh akbar yang diikuti oleh masyarakat dari berbagai elemen," kata dia.

Masyarakat di daerah itu diimbau agar ikut serta berpartisipasi mengikuti kegiatan yang bernuansa islami tersebut. (*)