Berikut Jumlah Kekurangan Dokter Umum di Pesisir Selatan

id Dokter

Berikut Jumlah Kekurangan Dokter Umum di Pesisir Selatan

Ilustrasi.

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, membutuhkan penambahan dokter umum sebanyak 31 orang untuk ditugaskan di beberapa puskesmas di daerah itu.

"Saat ini baru ada 25 dokter umum dan bertugas di 18 puskesmas yang ada, jumlah itu belum ideal jika disesuaikan dengan jumlah penduduk yang mencapai 560.000 jiwa," kata Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Syahrizal Antoni di Painan, Rabu.

Bahkan katanya, jika total dokter umum di puskesmas itu ditambah dengan dokter umum yang bertugas di RSUD M Zein sekitar 10 orang juga masih belum memenuhi standar pelayanan.

"Idealnya 1.000 jiwa penduduk harus ada satu orang dokter umum," ujarnya.

Selain dokter umum, daerah tersebut juga kekurangan dokter spesialis yang idealnya berjumlah sembilan orang namun yang ada hanya tujuh orang.

Tidak hanya itu daerah setempat juga kekurangan tenaga bidan dan tenaga perawat.

"Bidan yang berstatus PNS sebanyak 411 orang dan perawat sebanyak 124 orang, khusus bidan baru memenuhi separuh dari pelayanan ideal sedangkan perawat baru terpenuhi 13 persen saja," katanya.

Mengantisipasi kekurangan tersebut daerah setempat terpaksa mendatangkan dokter spesialis dari beberapa daerah terdekat, seperti Kota Padang dan Kota Solok.

Sementara khusus di puskesmas, kekurangan bidan dan perawat disiasati dengan memberdayakan tenaga honorer.

"Kekurangan ini telah kami koordinasikan ke kepala daerah serta ke provinsi dan kekurangan ini harus secepatnya dicarikan jalan keluar," katanya lagi. (*)