KPU Padang Butuh Dukungan Media Sosialisasikan Pilkada

id azhari

Ketua KPU Padang, Muhamad Sawati (kanan) berdiskusi dengan Kepala LKBN Antara Biro Sumatera Barat, Azhari tentang tahapan Pilkada Kota Padang 2018. (Antara Sumbar/Novia Harlina)

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatera Barat, Muhammad Sawati menyatakan pihaknya membutuhkan dukungan media massa guna menyosialisasikan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018.

"Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, sosialisasi harus ditingkatkan dan media merupakan salah satu wadah untuk mewujudkan hal itu," katanya di Padang, Selasa.

Dalam pertemuan dengan tim LKBN Antara Biro Sumatera Barat, diharapkan gencarnya pemberitaan di media massa, maka tingkat partisipasi pemilih akan lebih baik di Pilkada wali kota dan wakil wali kota Padang 2018.

"Media menjadi harapan kita dapat memberikan pemahaman pentingnya partisipasi masyarakat, khususnya pemilih pemula dalam pilkada, sehingga terwujudnya pemilu yang demokratis, jujur dan adil," kata Muhammad Sawati.

Sosialisasi melalui media massa, dia menilai cukup efektif karena penyebaran beritanya yang luas dan pembacanya juga beragam.

Apalagi, lanjutnya informasi saat ini dapat diunduh melalui telepon pintar dengan membaca berita bisa dimana saja dan dalam waktu yang lebih singkat.

Kemudian ia menyebutkan pada Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang 2013, jumlah warga yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 560.723 orang, dan 2017 ini pihaknya berharap jumlah pemilih meningkat.

"Saat ini pemutakhiran data pemilih belum dilakukan, namun pembaharuan datanya akan dilakukan hingga RT/RW untuk memastikan tidak ada warga yang luput ketika didata," katanya.

Selain melalui media massa, katanya KPU Padang juga menggencarkan sosialisasi melalui media sosial, aplikasi pemilu yang dapat diunduh, dan juga bekerja sama dengan jaringan seluler untuk mengirim pesan singkat ke telepon genggam masyarakat.

Kemudian untuk sosialisasi lainnya, KPU tetap melakukan tatap muka dengan masyarakat untuk menyukseskan kegiatan pilkada Kota Padang.

Sementara Kepala Lembaga Kantor Berita Antara Biro Sumbar, Azhari mengatakan pihaknya siap menjalin mitra dengan KPU untuk menyosialisasikan tahapan Pilkada di Kota Padang 2018.

"Sebagai kantor berita milik negara, tentu momen seperti ini kami harus ikut mengawal, dan menjadi mitra dari KPU untuk menyosialisasikan pilkada ," katanya.

Ia menambahkan masyarakat yang hendak membaca berita dari portal berita www.antarasumbar.com dapat membukanya di telepon pintar maupun komputer. Untuk lebih efektif dan hemat waktu juga bisa mengunduh aplikasi antara sumbar di google play.

Kota Padang bersama dengan Kota Sawahlunto, Kota Pariaman dan Kota Padang Panjang akan menggelar pilkada serentak pada 2018. (*)


Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar