Samsat Nagari Telah Beroperasi, Bupati Solok Selatan: Jika Bisa Ditambah

id SAMSAT NAGARI

Samsat Nagari Telah Beroperasi, Bupati Solok Selatan: Jika Bisa Ditambah

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria (dua kiri) didampingi Kapolres Solok Selatan AKBP M Nurdin (kiri) menyerahkan STNK kepada warga yang menjadi pembayar pajak kendaraan tahunan pertama di Samsat Nagari Pasir Talang Barat, Senin (18/9). (ANTARA SUMBAR/Joko Nugroho)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Bupati Solok Selatan, Sumbar, Muzni Zakaria berharap Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Nagari agar ditambah di daerah itu mengingat wilayah kabupaten itu yang cukup luas.

"Semoga bisa dikembangkan lagi. Seperti di wilayah Sangir juga ada," sebutnya usai menghadiri acara peluncuran Samsat Nagari di Nagari Koto Baru Kabupaten Solok dan Nagari Pasir Talang Barat di Solok Selatan, Senin.

Keinginan menambah Samsat Nagari di Solok Selatan, juga disampaikan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Royke Lumowa ketika melakukan telekonferens dengan bupati dan Kapolres Solok Selatan AKBP M Nurdin ketika peluncuran Samsat Nagari di Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok.

Ia menjelaskan kehadiran Samsat Nagari, selain mempermudah masyarakat dalam membayar pajak, juga mendekatkan jarak mengingat masyarakat selama ini membayar pajak kendaraan tahunan harus ke Padang Aro yang berjarak sekitar satu jam perjalanan.

"Jarak yang dekat dan risiko kecelakaan juga kecil," ujarnya.

Dengan telah dioperasionalkan Samsat Nagar ini, masyarakat yang bayar semakin meningkat sehingga menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Bagi hasil dari pajak kendaraan ini cukup besar juga," ujarnya.

Sementara Kepala UPTD Samsat Sumbar di Solok Selatan, Azyun Fadril menyebutkan untuk penambahan Samsat Nagari di Sangir Jujuan dan sekitar pelur ditinjau dulu oleh pihak provinsi.

"Jika telah ditinjau ternyata memenuhi syarat, kemungkinan tahun depan bisa kita tambah lagi untuk di Sangir Jujuan dan sekitarnya," ujarnya.

Di Solok Selatan hanya satu Samsat Nagari yang berada di Nagari Pasir Talang Barat, Kecamatan Sungai Pagu, untuk melayani tiga kecamatan, yakni Sungai Pagu, Koto Parik Gadang Diateh dan Pauh Duo.

Kendati Samsat Nagari telah dioperasikan, namun Samsat keliling yang selama ini melayani pembayaran pajak kendaraan tahunan bagi masyarakat tetap beroperasi.

Samsat keliling akan tetap melayani bagi masyarakat Sungai Kalu dan sekitar saat hari pasar, yakni setiap hari Jumat.

Selain itu, Samsat keliling juga melayani pembayaran pajak bagi masyarakat di tiga kecamatan bagian selatan, seperti Sangir Jujuan, Sangir Balai Janggo dan Sangir Batang Hari.

Data UPTD Samsat Sumbar di Solok Selatan pada Desember 2016, jumlah kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat, di daerah itu sebanyak 18.269 unit.

Realisasi pajak kendaraan dan bea balik nama kendaraan pada 2016 melebihi target sebesar 118,20 persen. Dari target Rp6,7 miliar pada 2016, terealisasi Rp7,9 miliar. (*)