Prodi Fisika Unand Berdayakan Masyarakat Lewat IBDM

id marzuki

Prodi Fisika Unand Berdayakan Masyarakat Lewat IBDM

Padang, (Antara Sumbar) - Jurusan Fisika Universitas Andalas (Unand) Kota Padang, Sumatera Barat, melakukan pemberdayaan masyarakat terutama di sekitar lingkungan kampus Limau Manis itu melalui kegiatan Iptek Bagi Desa Mitra (IBDM).

"IBDM ini merupakan salah satu program Unand dalam melakukan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan semua jurusan di universitas tersebut sesuai dengan bidang ilmu yang digelutinya," kata Ketua Jurusan Fisika Unand, Dr techn Marzuki di Padang, Minggu.

Ia mengatakan dalam memenuhi program tersebut Jurusan Fisika Unand mempunyai beberapa kegiatan penelitian yang dapat diterapkan kepada masyarakat, salah satunya adalah penelitian mengenai sensor tabung gas LPG.

Kegiatan penelitian ini akan melibatkan kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Ia menjelaskan tujuan kegiatan sensor tabung gas LPG ini untuk menyukseskan program konversi minyak tanah ke LPG.

"Program konversi minyak tanah ke LPG masih menemui masalah, dan yang paling menonjol adalah terjadinya kebocoran yang akhirnya memicu kebakaran dan ledakan," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, masyarakat perlu diberi pelatihan penggunaan kompor gas agar paham tentang pemakaian kompor gas yang pada akhirnya dapat menunjang program pemerintah tersebut.

Selain itu, kata dia, hasil dari penelitian ini juga dapat bermanfaat dalam mencegah terjadinya kebakaran yang disebabkan kelalaian penggunaan kompor gas.

Kegiatan awal, kata dia, masih berbentuk pelatihan kepada masyarakat dalam memasang LPG di setiap rumah, yang diteruskan dengan pengembangkan sensor gas.

"Untuk tahap awal ini kegiatan masih dalam bentuk pelatihan, dan ke depannya akan ditingkatkan dalam bentuk pemanfaatan sensor gas yang sedang dikembangkan oleh Jurusan Fisika Unand." katanya.

Ia mengharapkan dengan kegiatan tersebut akan menghasilkan sensor yang handal dan punya sensitivitas yang tinggi untuk mendeteksi kebocoran tabung gas LPG.

Sementara itu, Lurah Lambung Bukit, Yusrizal mengungkapkan terima kasihnya atas partisipasi Jurusan Fisika FMIPA Unand dalam rangka membantu program konversi minyak tanah ke gas.

"Dengan kegiatan ini masyarakat tidak perlu khawatir lagi tentang bahaya penggunaan kompor gas, semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelurahan Lambung Bukit," ujarnya. (*)