Inilah Cara UNP Menuju Kampus Internasional

id UNP

Inilah Cara UNP Menuju Kampus Internasional

Gerbang UNP. (ist)

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat terus berbenah menuju visi kampus bertaraf internasional.

"UNP telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi tahun 2017, target berikutnya tentu taraf internasional, dan itu terus dipercepat," kata Rektor UNP Ganefri, usai wisuda UNP ke-109 di Padang, Sabtu.

Secara holistik, katanya, program menuju universitas bertaraf internasional harus dipandang sebagai bagian dari strategi nasional bangsa untuk bersaing secara global.

Ia mengutip data World Economic Forum (WEF) yang menyusun daya saing negara dalam global contitivenes report, dimana Indonesia mendapatkan nilai 4,52 dan menduduki peringkat 41 dari 138 negara yang disurvei.

Nilai itu disusun dari 12 indikator beberapa di antaranya adalah institusi, infrastruktur, lingkungan ekonomi makro, kesehatan dan pendidikan dasar, pendidikan tinggi dan pelatihan, dan lainnya.

"Melihat secara regional Indonesia masih di bawah Singapura, Malaysia, dan Thailand. Kami memandang peran perguruan tinggi juga diperlukan untuk menyokong kemajuan negara," katanya.

Dalam percepatan internasionalisasi, pada 2017 UNP mendirikan program studi Dual Degree, pada program studi manajemen yang bekerja sama dengan Universitas Utara Malaysia.

"Pada tahun ini juga terdapat sekitar 45 calon mahasiswa dari luar Indonesia yang mendaftar menjadi mahasiswa UNP," katanya.

Ganefri menyebutkan tujuh program studi UNP yang telah berakreditasi A, saat ini tengah mempersiapkan diri mendapatkan sertifikasi internasional.

Program studi (prodi) baik pendidikan S1 ataupun S2 yang ada di UNP saat ini berjumlah 98 program studi , di antaranya 26 prodi terakreditasi A, dan 52 prodi akreditasi B.

Ia memaparkan saat ini di UNP sudah memiliki 57 guru besar, 267 dosen bergelar doktor, 627 dosen kualifikasi S2, dan 288 orang Lektor Kepala.

"Selain itu saat ini ada 84 dosen yang tengah menempuh pendidikan S3 di luar negeri, jumlah dosen keseluruhan adalah 1.105 orang," katanya.

Sebelumnya, UNP melakukan wisuda ke-109 di Auditorium UNP Padang, Sabtu. Jumlah mahasiswa yang diwisuda sebanyak 3.689 orang, yang dibagi selama tiga hari per fakultas.

Untuk wisudawan, ia meminta agar dapat mengamalkan dan mempraktikkan ilmu ketika kembali ke tengah lingkungan masyarakat. (*)