Peringati Haornas, Pemkab Solok Beri Penghargaan Atlet Berprestasi

id Haornas

Peringati Haornas, Pemkab Solok Beri Penghargaan Atlet Berprestasi

Bupati Solok, Gusmal memberikan penghargaan kepada atlet, pelatih berprestasi, serta tokoh pedulu olahraga di daerah itu, Jumat (15/9). (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat memberikan penghargaan kepada sejumlah atlet dan pelatih berprestasi dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas).

Bupati Solok, Gusmal di Arosuka, Jumat, mengatakan pada peringatan Haornas tahun ini, pemerintah daerah ingin menjadikan sebagai momentum dalam mengisi pembangunan bidang keolahragaan untuk peningkatan prestasi.

Ia mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengurusi bidang olahraga di daerah itu untuk terus menggelorakan dan menyemarakkan olahraga sampai ke lingkungan terkecil sehingga masyarakat sehat dan produktif.

"Marilah kita bersama-sama membina keolahragaan nasional dan daerah, dengan menjunjug tinggi nilai-nilai sportivitas sesuai kebijakan Bapak Presiden RI Joko Widodo dalam prioritas revolusi mental," ujarnya.

Ia mengatakan melalui olahraga rekreasi dan olahraga pendidikan akan dapat memperbesar basis-basis calon olahragawan potensial dan berbakat untuk memperkuat pondasi pembangunan nasional yang berdaya saing.

Untuk mewujudkan ini diperlukan peran serta keluarga dengan menerapkan pola hidup aktif dalam aktivitas sehari-hari.

Ia juga menyebutkan tahun ini ada tiga kegiatan utama yang difasilitasi untuk masyarakat, yaitu Gowes Pesona Nusantara, Gala Desa dan Liga Sepakbola Pelajar.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar terbiasa bergerak dan menjadikan olahraga sebagai gaya hidup (lifestyle).

Ke depan perlu menekankan pentingnya pembinaan berjenjang, sitematis dan berkesinambungan, semua itu dapat diperkuat dengan penerapan iptek olahraga, serta meningkatkan mutu tenaga keolahragaan.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh komponen olahraga di daerah ini yang telah menggerakkan masyarakat untuk membina para atlet agar mampu berprestasi maksimal.

Dalam rangka Haornas tahun ini, KONI Solok juga memberikan apresiasasi kepada BUMN dan tokoh yang peduli olahraga.

Para etlet yang mendapat penghargaan di antaranya atlet atas mana Salwa Ivo Mahardika dari cabang Taekwondo, Nur Hidayat dari Catur dan Safira Inggrida cabang Wushu.

Sedangkan Pelatih adalah Ridwan Chan pelatih cabang Tinju, Hendri Alex dari cabor Mhuaythai dan Fetrizal pelatih dari cabang Kempo. Selain menerima piagam penghargaan, para atlet dan pelatih berprestasi ini juga menerima uang pembinaan masing-masing Rp2 juta.

Sedangkan tokoh peduli olahraga diterima Hardinalis Kobal yang juga ketua DPRD Solok dan Ahmad Rius anggota DPRD Sumbar, sedangkan untuk BUMN peduli olahraga diterima oleh Bank Nagari Cabang Solok dan PT Tirta Investama Aqua. (*)

Pewarta :
Editor: Antara Sumbar
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar