Panitia Pilwana Tanah Datar Minta Warga Gunakan Hak Pilih

id Pilwana

Panitia Pilwana Tanah Datar Minta Warga Gunakan Hak Pilih

Ilustrasi, pemungutan suara untuk pemilihan wali nagari. (Antara)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Panitia Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, mengharapkan masyarakat di 54 nagari (desa adat) yang akan melakukan pemilihan serentak pada Rabu, 13 September 2017, dapat menggunakan hak pilihnya.

"Kita berharap tingkat partisipasi warga dalam Pilwana lebih dari 80 persen dari jumlah pemilih sebanyak 198.000 yang tersebar di 54 nagari," kata Ketua Pilwana Kabupaten Tanah Datar, Hardiman di Batusangkar, Selasa.

Ia menyebutkan Pilwana ini merupakan agenda penting pemerintah daerah yang mesti disukseskan dan mendapat dukungan bersama masyarakat sehingga menghasilkan pemimpin nagari yang berkualitas dan mampu mengemban amanah untuk memajukan nagari.

Sekretaris Daerah Tanah Datar ini menyebutkan pihaknya sudah mendistribusikan logistik Pilwana dan membentuk posko di setiap kecamatan dalam upaya menyelesaikan permasalahan yang muncul di nagari.

"Panitia pemilihan fokus memperhatikan ketersediaan logistik, pengawasan dan proses seleksi calon wali nagari karena hal itu bisa menimbulkan konflik di tengah masyarakat," tambahnya.

Terkait persoalan pengamanan Pilwana, pihaknya melakukan koordinasi bersama jajaran Polres Tanah Datar, Polres Padang Panjang, dan Kodim 0307 Tanah Datar.

Sementara itu, Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra mengharapkan masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya, menjaga kekompakan, netralitas, dan hindari perpecahan.

Ia menyampaikan pesta demokrasi Pilwana serentak ini dapat berlangsung secara profesional, tertib, jujur, demokratis sehingga menghasilkan pemimpin yang dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Semua pihak harus menjaga ketertiban dan keamanan untuk melaksanakan pesta demokrasi ini agar berjalan lancar karena ini adalah tanggung jawab serta beban kita bersama," katanya. (*)