Unand-Sarolangun Kerja Sama Penguatan Dokter Daerah

id Tafdil Husni

Unand-Sarolangun Kerja Sama Penguatan Dokter Daerah

Rektor Unand, Prof Tafdil Husni. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun, Jambi, dalam penguatan dokter di daerah tersebut.

"Kemarin telah ditandatangani nota kesepahaman, nantinya akan ada penguatan pengadaan dokter di Rumah Sakit Daerah Sarolangun," sebut Rektor Unand Prof Tafdil Husni, di Padang, Selasa.

Dia menambahkan kerja sama ini secara khusus akan memperkuat sumber daya dokter spesialis di RSUD Prof Dr Chatib Quzwain Sarolangun.

Nantinya dokter yang ada di rumah sakit tersebut mengambil spesialis di Unand atau tenaga kesehatan lainnya melakukan magang di rumah sakit pendidikan kampus.

"Lebih khusus kerja sama ini juga berkaitan dengan kemoterapi atau penanganan penyakit kanker," ujarnya.

Saat ini, tambah dia Unand dapat mengakomodasi pelatihan dan pengajaran tentang penyembuhan penyakit kanker karena telah memiliki alat yang memadai.

Diharapkan nantinya bisa diaplikasikan kepada masyarakat lainnya.

"Di samping kerja sama kesehatan, secara luas juga berkaitan dengam tri dharma perguruan tinggi," sebutnya.

Dalam hal ini potensi yang ada di Sarolangun bisa diperkuat dengan pengajaran, penelitian dan pengabdian civitas akademika Unand.

Sementara Bupati Sarolangun, Cek Endra mengatakan kerja sama ini diharapkan bisa membantu kebutuhan dokter di Sarolangun.

Tujuannya agar rumah sakit daerah saat ini tipe C bisa diperkuat dalam hal pelayanannya.

Dengan melakukan studi ke Unand nantinya sumber daya manusia kesehatan di Sarolangun bisa lebih mudah dan inovatif memberikan pelayanan. (*)