Haornas, Ayo Masyarakat Galakkan Kegiatan Olahraga!

id Yusuf Lubis

Haornas, Ayo Masyarakat Galakkan Kegiatan Olahraga!

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis. (Antara Sumbar/Riko Saputra)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, meminta kepada seluruh masyarakat di daerah itu untuk selalu menggalakkan kegiatan olahraga dalam kehidupan sehari-hari.

Bupati Pasaman Yusuf Lubis saat memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-34 tingkat kabupaten di Lubuk Sikaping, Senin, mengatakan melalui kegiatan ini sebagai upaya untuk menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat untuk kembali membudayakan olahraga.

"Saat ini kegiatan olahraga sudah menjadi gaya hidup masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan pada peringatan Haornas 2017 ini pemerintah telah menjadikan momentum untuk pembangunan olahraga Indonesia.

"Selain itu juga untuk melakukan instropeksi diri dan evaluasi secara menyeluruh tentang peran besar olahraga dalam perspektif pembangunan nasional," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan olahraga ini selain untuk meningkatkan kesehatan jasmani masyarakat juga untuk membangun karakter bangsa dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Selain itu, katanya pemerintah juga menyinggung pentingnya penyediaan ruang publik dan menggelar berbagai perlombaan olahraga dengan mengedepankan prinsip murah, secara massal dan bermanfaat.

"Kita juga mengajak kepada seluruh masyarakat Pasaman untuk menjaga pola makan yang teratur dengan menghindari makanan yang tidak sehat yang dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya," ujarnya.

Dalam memperingati Haornas ke-34 tingkat Kabupaten Pasaman ini pemerintah daerah juga menggelar senam poco-poco, sepeda santai berhadiah yang diikuti oleh seluruh OPD se-Kabupaten Pasaman dan pelajar tingkat SD, SLTP dan SLTA se- Kecamatan Lubuk Sikaping. (*)