Kopertis: Penguatan Tridharma Kunci Peningkatan Akreditasi

id Herri

Kopertis: Penguatan Tridharma Kunci Peningkatan Akreditasi

Koordinator Kopertis Wilayah X, Prof. Herri. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah X, Prof Herri mengatakan kampus perlu memperkuat Tridharma Perguruan Tinggi sebagai langkah utama meningkatkan nilai akreditasi.

"Pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat harus terus ditingkatkan produktivitasnya oleh dosen sebagai penguatan akreditasi tersebut," ucapnya di Padang, Jumat.

Hal ini kata dia perlu dimotori oleh dosen sebagai kunci pembangunan kampus ke depan.

Selain memperkuat materi pengajaran, dosen juga perlu memanfaatkan hasil risetnya sebagai bahan untuk kuliah serta selalu menemukan inovasi dalam pengajaran.

Kemudian dalam melakukan penelitian, dosen perlu jeli melihat persoalan yang berkembang di dunia kemudian mencarikan solusi sesuai bidang yang diampunya.

Misalnya terkait persoalan krisis kepemimpinan harus dicarikan penelitiannya terkait manajemen, dosen perlu menemukan metode baru yang lebih mudah dipahami dalam penerapan kepemimpinan tersebut.

Kemudian persoalan gempa atau bencana alam , dosen perlu menemukan upaya mitigasi terbaru dan mudah dilakukan masyarakat.

"Di samping bahan ajar, penelitian perlu dijadikan bahan pengabdian masyarakat dan ini juga penting," tambahnya.

Kesemuanya ujar dia, dilakukan secara maksimal seperti penelitian muaranya sebuah jurnal bereputasi dan pengabdian penilaian terbaik dari reviewer atau pemeriksa.

Hal ini sebutnya, menjadi modal dalam penguatan dokumen untuk penyiapan akreditasi.

Sebab katanya, prestasi dosen yang maksimal dapat mengatrol capaian kampus lebih tinggi.

Sementara itu salah satu dosen di STKIP PGRI Sumbar Fachrul Reza mengatakan selain individu pengajar, dosen juga membutuhkan dukungan dari pimpinan dan instansi.

Artinya ujar dia, dosen perlu dipermudah dalam urusan administrasi dengan catatan semua aturan dipenuhi.

Selain itu sebutnya, dosen perlu juga mendapat apresiasi dari kampus sebagai motivasi untuk prestasi ke depannya. (*)