Belasan Foto Menangkan Lomba Geopark Ranah Minang

id GEOPARK

Belasan Foto Menangkan Lomba Geopark Ranah Minang

Pemenang Lomba Foto Geopark Ranah Minang berfoto bersama usai gala diner di Aula Gubernuran Sumatera Barat, Kamis malam (7/9). Pada lomba tersebut terdapat lima belas orang pemenang dari lima kategori, yaitu landscape, seni budaya, heritage, kuliner dan flora fauna. (Antara Sumbar/Syahrul Rahmat)

Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak lima belas foto terbaik karya fotografer Sumatera Barat menangkan Lomba Foto Geopark Ranah Minang yang mengangkat tema "Geopark Ranah Minang dalam Perspektif Lensa Kamera".

Salah seorang juri, Erison J Kambari di Padang, Jumat, mengatakan selama pengumpulan foto hingga tanggal 31 Juli lalu terdapat ratusan foto yang dikirimkan oleh peserta untuk lima kategori yang ada.

"Untuk kategori umum melalui email terdapat lebih kurang 300 foto, semua untuk kategori landscape, seni budaya, heritage, kuliner dan flora fauna," katanya.

Ia menyebutkan dari keseluruhan foto yang masuk, foto paling paling banyak adalah untuk kategori landscape.

Menurutnya penilaian karya tersebut tetap sesuai dengan standar penilaian foto yang mempertimbangkan kaidah fotografi seperti komposisi foto serta kesesuaiannya dengan tema.

"foto yang dipilih adalah foto-foto yang memiliki kesesuaian dengan tema, banyak foto yang bagus akan tetapi juga banyak yang tidak sesuai dengan tema geopark," ujarnya.

Untuk kategori umum yang mana karya dikirim melalui email dimenangkan oleh Aprison dan Hendra Nasri untuk kategori landscape, Maizal Chaniago dan Hermadiansyah Putra untuk kategori seni budaya serta Khairul Amri dan Rafi Tanjung untuk kategori heritage.

Sementara untuk kategori kuliner dimenangkan oleh foto karya Fauzi Ahmad dan Ilyas serta kategori flora fauna oleh Gafrali dan Iggoy El Fitra.

Untuk kategori instagram dimenangkan oleh Melly Tafsya untuk kategori landscape, Rona Fitria untuk kategori seni budaya, Ian Pilian untuk kategori heritage, Thomas Anderson untuk kategori kuliner dan Desrian Eristha untuk kategori flora fauna.

Salah seorang pemenang lomba Iggoy El Fitra menyebutkan melalui lomba ini diharapkan dapat mendata geopark yang ada di Sumbar dan dilakukan secara berkelanjutan untuk tahun-tahun berikutnya.

"Jangan cukup hanya disini saja," ujar pewarta foto Antara Foto ini.

Pemenang lain, Khairul Amri mengatakan sangat bersyukur fotonya dapat memenangkan salah satu kategori dari ratusan foto yang diikutkan dalam perlombaan ini.

Dalam penilaian terhadap seluruh foto yang terdapat tiga orang juri yang ikut terlibat, yaitu Oni Yulfian selaku Kadis Pariwisata Sumbar, Nofrins Napilus dan Erison J Kambari.

Sebelumnya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyatakan pariwisata di daerah itu telah siap untuk "naik kelas" dari awalnya berbasis pengembangan destinasi menjadi kawasan terintegrasi antara keragaman geologi, hayati dan budaya.

"Selama ini kita masih berfikir bagaimana membenahi destinasi. Belum masuk pada tataran pembentukan kawasan terintegrasi. Ini yang ditawarkan konsep geopark dan tentu saja kita harus menuju ke sana," katanya. (*)