Tour de Singkarak 2017 Diluncurkan 15 Oktober 2017

id TdS 2017

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit memimpin rapat persiapan Tour de Singkarak 2017 pada salah satu hotel di Padang, Kamis (7/9). Dalam rapat itu disepakati peluncuran TdS 2017 dilakukan 15 Oktober di Jakarta. (ANTARA SUMBAR/ Miko Elfisha)

Padang, (Antara Sumbar) - Peluncuran ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) seri ke sembilan akan digelar pada 15 Oktober di Jakarta sementara balapan dimulai 18 hingga 26 November 2017.

"Sudah disepakati jadwalnya. Nanti teknisnya dibicarakan lebih lanjut oleh dinas pariwisata," kata Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit di Padang, Kamis.

Terkait jadwal pelaksanaan, anggaran dan rute, menurut dia sudah tidak ada persoalan. Hanya saja, untuk jalan di Sumani, Kabupaten Solok, masih ada yang rusak dan tidak bisa diperbaiki tepat waktu.

"Statusnya jalan provinsi. Rusak sepanjang 7,5 kilometer sementara anggaran yang ada di PU Sumbar hanya untuk perbaikan 1,5 kilometer," tambah dia.

Ia meminta maaf pada Kabupaten Solok karena keterbatasan tersebut, yang menyebabkan ruas jalan itu tidak bisa dilewati pebalap.

Namun tahun depan ia berjanji jalan itu jadi prioritas agar bisa dilewati peserta TdS.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian mengatakan pihak penyelenggara masih akan melakukan survey jalur TdS pada 21-28 Oktober 2017 untuk memastikan semua aman dilewati.

Setelah itu etape dan rute yang dilewati akan difinalkan.

Rencana awal, grand start Tour de Singkarak 2017 dilaksanakan di Batu Sangkar, Kabupaten Tanah Datar, dan finish di Kota Wisata Bukittinggi.

Pebalap akan menempuh sembilan etape, masing-masing etape pertama Tanah Datar menuju Kota Padang dengan panjang 107 kilometer, etape kedua Painan-Sawahlunto sepanjang 166 kilometer.

Etape ketiga Muaro Sijunjung-Pulau Punjung 100 kilometer, etape keempat Danau Singkarak-Payakumbuh 135 kilometer, etape kelima Lembah Harau-Padang Panjang 101 kilometer.

Lalu etape keenam Kota Solok-Padang Aro Solok Selatan 140 kilometer, etape ketujuh Pariaman-Pasaman Barat 157 kilometer, etape kedelapan Padang Pariaman-Agam 101 kilometer, dan etape kesembilan Pasaman-Bukittinggi Sirkuit 90 kilometer. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar