Disdik Dharmasraya Fasilitas Belajar Membaca Suku Anak Dalam

id suku anak dalam

Suku anak dalam belajar membaca. (cc)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat memfasilitasi belajar membaca bagi 40 Suku Anak Dalam (SAD) di wilayah Kecamatan Koto Besar, daerah setempat.

Sekretaris Dinas Pendidikan Dharmasraya, Reno Lazuardi, di Pulau Punjung, Kamis, mengatakan kegiatan kelompok mengajar bagi SAD tersebut sudah berlangsung sejak satu bulan terakhir, melibatkan komunitas pembina SAD.

"Sudah empat kali pertemuan, target awal dalam program ini minimal mereka bisa membaca dulu," ujar dia.

Ia mengatakan kegiatan belajar membaca bagi SAD dilaksanakan rutin satu kali dalam seminggu setiap hari Jumat. Peserta didik tidak dibatasi usia hingga anak-anak dan dewasa.

Kegiatan belajar difasilitasi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan di Kecamatan Koto Besar yang berinteraksi rutin dengan mereka. Di samping itu mengajak seluruh sekolah di wilayah itu agar ikut berperan aktif.

"Untuk lebih memotivasi SAD ini agar lebih giat dalam kegiatan belajar baca, kami juga sudah membuatkan seragam bagi mereka," ujarnya.

Ia menyebutkan sebelumnya pemerintah setempat juga telah menyalurkan buku dan meja. Untuk menambah koleksi buku ke depan akan digandeng Dinas Perpustakaan serta donatur dari masyarakat umum lainnya.

Sementara itu, koordinator penyuluhan pertanian Kecamatan Koto Besar, Idisda yang aktif selama ini mendampingi SAD tersebut mengapresiasi adanya kegiatan belajar membaca dari Disdik Kabupaten Dharmasraya.

"Alhamdulillah sudah banyak instansi terkait yang peduli dengan SAD ini, termasuk Disdik Dharmasraya," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar