Program Adiwiyata Mampu Tunjang Pendidikan Karakter

id adiwiyata

Program Adiwiyata Mampu Tunjang Pendidikan Karakter

Kepala Sub Bidang Pendidikan Formal Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan (Puslatmas & PGL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Windarti. (ANTARA SUMBAR/Novia Harlina)

Padang, (Antara Sumbar) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) mengatakan program Adiwiyata yang diterapkan sekolah dapat menunjang pendidikan karakter karena kedua program tersebut memiliki kesamaan dalam pelaksanaannya.

"Pendidikan karakter merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang mendidik dan diperuntukkan untuk generasi selanjutnya," kata Kepala Sub Bidang Pendidikan Formal Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan (Puslatmas & PGL) Kemen LHK, Windarti di Padang, Rabu (6/9).

Sedangkan tujuan dari program Adiwiyata, ujarnya ialah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran serta turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

Secara umum, katanya program Adiwiyata dan pendidikan karakter memiliki kesamaan dalam pelaksanaannya. Contohnya, pada Adiwiyata dibudayakan gotong royong yang dapat membentuk rasa kebersamaan, berbagi, dan tolong menolong.

Kegiatan lainnya seperti memanfaatkan sampah plastik untuk barang berguna yang dapat membentuk karakter cinta lingkungan dan mengurangi sampah plastik di masa sekarang dan masa depan serta mengasah kreatifitas anak, ujarnya.

"Banyak contoh-contoh lainnya mulai dari hal kecil yang dapat membangun pendidikan karakter," sebutnya.

Untuk itu ia berharap sekolah yang belum menerapkan program Adiwiyata agar segera melaksanakannya dengan berkonsultasi bersama dinas lingkungan hidup setempat.

Kemudian bagi yang telah mengikuti dan meraih penghargaan agar terus membudayakan program Adiwiyata dan menjadikannya sebagai media pembelajaran oleh siswa, katanya.

Ia menambahkan ke depan pihaknya akan terus mengembangkan dan menyosialisasikan penerapan adiwiyata ke seluruh sekolah yang ada di Indonesia.

"Hal itu agar pendidikan karakter yang dicanangkan pemerintah benar-benar terwujud dan program Adiwiyata memiliki andil di dalamnya," ujar dia. (*)