Kloter I Debarkasi Padang Tiba 7 September

id haji

(ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/ama/16)

Padang, (Antara Sumbar) - Jamaah haji kelompok terbang (Kloter) I Debarkasi Padang, Sumatera Barat (Sumbar), dijadwalkan tiba dan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padangpariaman pada Kamis (7/9) 2017 pukul 06.00 WIB.

"Tiba di BIM, seluruh jamaah akan dibawa ke Asrama Haji Tabing untuk kemudian dilepas secara simbolis kepada panitia daerah," kata Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Padang Syamsuir di Padang, Rabu.

Ia menerangkan kedatangan jamaah rencananya akan disambut secara resmi oleh Gubernur Sumbar, Irwan Praytino dan Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Salman K.

Usai pelepasan jamaah yang ingin langsung pulang dipersilahkan kembali ke daerah masing-masing, tambah dia.

Selain itu, masing-masing jamaah akan memperoleh air zam zam sebanyak lima liter yang dibagikan di asrama haji.

Ia mengingatkan jamaah haji yang tiba agar mempersiapkan buku kesehatan karena akan dilakukan pemeriksaan setiba di asrama haji.

Kloter I Debarkasi Padang berjumlah 389 orang terdiri atas 384 calon haji dan lima petugas yang semuanya berasal dari Padang.

Jamaah termudah kloter I atas nama Anisya Aftrariza usia 22 tahun dan yang tertua Nasnimar Latik usia 61 tahun.

Sementara berdasarkan data yang diperoleh dari siskohat total haji Debarkasi Padang yang wafat di Tanah Suci hingga saat ini mencapai 10 orang hingga (3/9) 2017 terdiri atas enam orang dari Sumbar dan empat orang dari Bengkulu.

Debarkasi Haji Padang memberangkatkan 6.347 calon haji pada musim haji 2017 terdiri atas 16 kelompok terbang.

Dari 6.347 calon haji tersebut 4.628 orang berasal dari Sumbar dan 1.641 orang dari Bengkulu.

Jumlah calon haji yang berangkat tahun ini mengalami peningkatan sekitar 20 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 4.946 orang terdiri atas 11 kloter.

Sebelumnya Humas PT Angkasa Pura II BIM Fendrick Sondra memastikan pihaknya siap melayani kedatangan jamaah dengan semua fasilitas yang telah dipersiapkan.

Terkait pesawat haji yang digunakan jenis Boeing 777-300 ER yang berbadan besar ia memastikan pesawat tersebut bisa mendarat di BIM dengan baik.

"Kami sudah siapkan semuanya mulai dari navigasi, parking stand serta fasilitas pendukung lainnya," ujar dia. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar