Tanah Datar Terima Bantuan 91 Alsintan untuk Percepatan Produksi Pertanian

id alsintan

Tanah Datar Terima Bantuan 91 Alsintan untuk Percepatan Produksi Pertanian

Alat mesin pertanian (alsintan). (Antara)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memberikan bantuan sebanyak 91 unit alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar untuk percepatan tanam dan peningkatan produksi pertanian guna mencapai swasembada pangan.

"Peningkatan produksi pertanian dan pendapatan petani dapat dilaksanakan dengan menanam bibit varietas unggul yang didukung oleh teknologi alat dan mesin pertanian sesuai rekomendasi pemerintah," kata Asisten II Sekdaprov Sumbar Syafruddin, di Batusangkar, Rabu.

Ia menyebutkan bantuan alsintan yang diserahkan itu berupa Traktor Roda 2 sebanyak 27 unit, pompa air sebanyak 10 unit, alat penyemprot (hand sprayer) sebanyak 50 unit, alat panen padi (combine harvester) sebanyak satu unit, dan mesin pemipil jagung (corn sheller) sebanyak tiga unit.

"Untuk menjadikan petani sejahtera perlu berbagai cara dan metode agar hasil pertanian bisa melimpah dengan mencoba dan beralih kepada cara baru dalam melaksanakan produksi pertanian," katanya.

Syafrudin menyampaikan peluang untuk penambahan areal sawah baru melalui pencetakan sawah tidak memungkinkan, sehingga diperlukan penerapan teknologi dan perubahan perilaku petani dalam berusaha tani.

Sekretaris Daerah Tanah Datar Hardiman menyampaikan masyarakat Tanah Datar menjadikan bidang pertanian sektor utama dalam program pembangunan daerah.

"Bidang pertanian berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena usaha tani padi merupakan sumber pendapatan utama masyarakat di Tanah Datar. Karenanya pemerintah daerah berusaha untuk meningkatkan produksi dan pendapatan petani," katanya.

Ia menjelaskan, peningkatan produksi pertanian dapat dilakukan dengan meningkatkan produktivitas lahan dengan menciptakan dan memakai varietas padi unggul seperti varietas Bujang Merantau, kemudian menerapkan berbagai teknik tanam padi seperti Padi Salibu, Jajar Legowo dan juga memanfaatkan mesin teknologi pertanian.

Hardiman menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Pemprov Sumbar yang telah memberikan bantuan dan melaksanakan berbagai program pertanian di Tanah Datar, seperti pengembangan teknik Padi Salibu, Jajar Legowo, embung pertanian, bantuan traktor roda dua, alat tanam padi, pompa air, dan alsintan lainnya.

Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang terus menggiatkan upaya peningkatan produktivitas pertanian untuk mewujudkan swasembada pangan.

"Swasembada pangan menjadi program prioritas pemerintah untuk mencapainya, sehingga dibutuhkan partisipasi masyarakat khususnya petani melakukan teknik atau cara tanam baru maupun pemanfaatan teknologi pertanian dalam meningkatkan hasil pertanian," katanya.

Ia menegaskan, era globalisasi saat ini sudah semakin canggih, karena itu telah tersedia alat mesin pertanian guna mendukung petani dalam mengurangi pengeluaran namun meningkatkan hasil produksi dibandingkan dengan pemakaian teknik atau cara lama. (*)