Menuju Keterbukaan Informasi Publik, OPD di Dharmasraya Bakal Punya Website

id keterbukaan informasi

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) memfasilitasi pembuatan 12 website Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dalam memenuhi upaya keterbukaan informasi publik di daerah itu.

"Kami berharap setiap kegiatan-kegiatan SOPD, pengumuman, dan informasi lainnya dapat disiarkan melalui website secara cepat dan benar," kata Sekretaris Dinas Kominfo Dharmasraya Henri di Pulau Punjung, Selasa.

Pemerintah setempat website tersebut, kata dia.

Ia menyebutkan 19 operator juga sudah diberikan bimbingan teknis (Bimtek) terkait penggunaan website itu, sehingga diharapkan pejabat yang ditunjuk menjadi operator mampu memberikan informasi yang mengedukasi masyarakat.

Ia mengatakan website SOPD menggunakan domain dharmasrayakab.go.id dimana sudah terkoneksi langsung dengan server Kominfo Dharmasraya.

Menurutnya masyarakat berhak memperoleh informasi tentang kegiatan pembangunan di masing-masing SOPD. Oleh karena itu diharapkan dapat memenuhi harapan masyarakat melalui informasi yang disiarkan.

Ia menyebutkan pihaknya tahun ini telah menyelesaikan pembuatan website pada 12 SOPD, sedangkan seluruh kantor hingga camat dan wali nagari akan dilakukan secara bertahap.

Ia menambahkan kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dengan dukungan seluruh lapisan masyarakat dan pemangku kepentingan agar tujuan Dharmasraya menjadi daerah smart city di 2020 dapat terwujud.

"Target jangka panjang dari semua ini adalah Dharmasraya menjadi daerah smart city pada 2020," katanya. (*)