Padang Salurkan 29 Alsintan Tingkatkan Produksi Pertanian

id alsintan

Padang Salurkan 29 Alsintan Tingkatkan Produksi Pertanian

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menyerahkan alat mesin pertanian kepada kelompok tani di Kota Padang. (Antara Sumbar/Pratiwi Tamela)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat menyalurkan bantuan 29 unit alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani di daerah itu guna meningkatkan produksi pertanian.

"Bantuan itu berasal dari Kementerian Pertanian yang bersumber dari dana APBN dan disalurkan oleh pemerintah kota kepada kelompok tani," kata Kepala Dinas Pertanian setempat, Syaiful Bahri di Padang, Senin (4/9).

Alsintan yang disalurkan tersebut, katanya merupakan upaya pemerintah dalam rangka mendorong petani untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pertanian.

Ia menyebutkan, bantuan itu diberikan kepada 29 kelompok tani, yang terdiri atas delapan unit traktor tangan (hand tractor), lima unit pompa air dan 16 unit semprot tangan (hand sprayer).

Bantuan alat tersebut, katanya, juga merupakan salah satu upaya meringankan kerja petani, sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga.

Sementara Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan pemberian bantuan diharapkan dapat meningkatkan produksi pertanian di Padang, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan pangan.

"Terutama pemanfaatan lahan terlantar di Padang seluas 250 hektare, agar dapat dimanfaatkan menjadi lahan pertanian," ujarnya.

Dengan bantuan traktor tangan, katanya pengerjaan lahan-lahan yang terlantar tersebut dapat dimaksimalkan.

Ia berharap bantuan yang telah diberikan dapat dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin, sehingga ke depannya produksi pertanian di daerah itu dapat meningkat.

Sedangkan salah seorang anggota kelompok tani Kampung Jua Satu, Lubuk Begalung, Padang Ridwan mengatakan akan memanfaatkan bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah dengan sebaik-baiknya.

Kelompok tani itu katanya mendapatkan bantuan semprot tangan (hand sprayer) dan memiliki 42 orang anggota dalam satu kelompok dengan luas lahan pertanian seluas 37 hektare. (*)