Solok Selatan Butuh Tambahan Tiga Unit Mobil Pemadam Kebakaran

id mobil pemadam kebakaran

Solok Selatan Butuh Tambahan Tiga Unit Mobil Pemadam Kebakaran

Mobil pemadam kebakaran. (cc)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat membutuhkan tambahan tiga unit mobil pemadam kebakaran agar daerah itu memiliki unit pemadam di setiap kecamatan.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Dinas Polisi Pamong Praja dan Damkar Solok Selatan, Zainal Abidin di Padang Aro, Senin, mengatakan sekarang ini kabupaten itu baru memiliki lima unit Damkar yang ditempatkan di tiga kecamatan yaitu Sangir dan Sungai Pagu masing-masing dua unit serta Sangir Jujuan satu unit.

"Tahun depan kita mengusulkan penambahan tiga unit mobil Damkar beserta perlengkapan petugas untuk ditempatkan pada setiap kecamatan," kata dia.

Dia menjelaskan, saat ini mobil yang tersedia kesulitan melayani warga apabila terjadi kebakaran karena jarak yang cukup jauh.

Untuk Damkar di Sungai Pagu melayani tiga kecamatan yaitu Sungai Pagu, Koto Parik Gadang Diateh dan Pauah Duo.

Sedangkan untuk yang pos di Lubuak Malako melayani tiga kecamatan yaitu Sangir Jujuan, Sangir Batang Hari dan Sangir Balai Janggo.

"Jarak setiap kecamatan cukup jauh sehingga petugas butuh waktu lama untuk sampai ke lokasi kebakaran sehingga butuh penambahan mobil," kata dia.

Selain itu kata dia, pihaknya juga butuh penambahan perlengkapan keamanan petugas saat bekerja.

Sekarang ini perlengkapan petugas baru ada satu stel setiap posko sedangkan personilnya ada 7-9 orang.

"Perlengkapan ini menyangkut keselamatan petugas saat bekerja di lapangan sehingga sangat dibutuhkan," ujarnya.

Dia berharap, usulan pengadaan ini dapat disetujui TAPD hingga DPRD sehingga memaksimalkan kinerja petugas di lapangan. (*)