Bupati Agam Ajak Contoh Kehidupan Para Nabi

id shalat Idul Adha

Bupati Agam Ajak Contoh Kehidupan Para Nabi

Ribuan jamaah akan mengikuti pelaksanaan shalat Idul Adha di halaman kantor Bupati Agam, Jumat (1/9). (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Bupati Agam, Sumatera Barat, Indra Catri mengajak masyarakat di daerah itu untuk mencontoh kehidupan para nabi terutama Nabi Ibrahim, Ismain dan Muhammad SAW.

"Jika diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, maka visi misi daerah untuk mewujudkan masyarakat madani akan bisa tercapai," katanya sebelum melaksanakan shalat Idul Adha di halaman kantor bupati setempat, Jumat.

Ia menambahkan masyarakat bisa mengembangkan semangat tauhid seperti yang dicontohkan Nabi Ibrahim. Menumbuhkembangkan kesetiakawanan sosial dan semangat rela berkorban seperti dicontohkan oleh Nabi Ismail.

Keteguhan iman dan takwa keluarga Nabi Ibrahim dapat dijadikan suri tauladan dalam mewujudkan keluarga sakinah mawadah warohmah.

Terkait ibadah haji, setiap tahun masyarakat Agam yang pergi ke tanah suci terus meningkat. Pada 2016 sebanyak 329 orang, dan tahun ini meningkat sebanyak 434 orang.

Untuk daftar tunggu berjumlah 7.000 orang dengan antrean hingga 2032. Panjangnya daftar anteran haji ini menandakan bahwa perekonomian masyarakat meningkat.

Sementara dari aspek keagamaan dapat dipastikan kadar keimanan dan ketakwaan masyarakat juga semakin hari semakin meningkat.

"Kepedulian masyarakat Agam terhadap sesama juga semakin baik," katanya.

Shalat Idul Adha di halaman kantor bupati setempat diikuti ribuan jamaah dengan khatib dosen Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Zain Raiz dan imamnya qori Sumbar, Amran. (*)