Pasaman Barat Tata Perangkat Nagari Persiapan

id penataan perangkat nagari

Pasaman Barat Tata Perangkat Nagari Persiapan

Bupati Pasaman Barat, Syahiran berfoto bersama dengan pj walinagari persiapan dan perangkat nagari yang baru dilantik, Rabu (30/8). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) terus menata nagari (desa) di daerah itu untuk meningkatkan pelayanan dan pemerataan pembangunan.

"Kita saat ini sedang menata perangkat nagari persiapan yang baru dimekarkan belum lama ini," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran usai kegiatan pelantikan perangkat pemerintahan nagari persiapan se-Kecamatan Koto Balingka, Rabu.

Ia mengatakan Koto Balingka ini, merupakan Kecamatan ke-5 yang telah selesai pelantikan perangkat nagari persiapannya.

Ia berharap agar Koto Balingka juga tidak kalah saing untuk mewujudkan nagari defenitif dalam jangka waktu setahun ini .

"Sekaranglah saatnya para Pejabat Walinagari persiapan untuk menunjukkan kecakapan dan kemampuannya. Marilah saling bekerjasama dalam melaksanakan dan menyusun rencana kerja dengan mengikutsertakan partisipasi masyarakat," ujarnya.

Menurutnya nagari persiapan yang ada di Kecamatan Koto Balingka yakni Nagari Persiapan Koto Tangah, Nagari Persiapan Koto Tuo, Nagari Persiapan Koto Nan Duo, Nagari Persiapan Pematang Panjang dan Nagari Persiapan Ranah Koto Tinggi.

Ia menjelaskan saat ini jumlah nagari di Pasaman Barat bertambah 72 nagari dari 19 nagari sebelumnya. Dengan demikian saat ini Pasaman Barat berjumlah 91 nagari.

"72 nagari itu berstatus masih nagari persiapan sebelum ditetapkan sebagai nagari defenitif. Kita saat ini sedang melakukan penataan perangkat nagari," ujarnya.

Ia menekankan kepada pejabat walinagari untuk bekerja maksimal sesuai aturan dan juga tanpa pertimbangan politis, sebab, masyarakat harus terlayani dengan adil.

"Kita punya punya target dalam jangka waktu enam atau satu tahun nagari persiapan sudah bisa menjadi nagari definitif," tegasnya. (*)