Kementerian PPPA Minta Pariaman Bentuk Media Center

id sahabat anak

Kementerian PPPA Minta Pariaman Bentuk Media Center

Sahabat anak. (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) meminta Pemerintah Kota Pariaman Sumatera Barat, membentuk media center informasi sahabat anak di daerah itu untuk memenuhi kebutuhan informasi anak.

"Media center sahabat anak tersebut berguna untuk menggali berbagai informasi penting tentang kebutuhan anak," kata Asisten Deputi Pemenuhan Hak Sipil Informasi dan Partisipasi Anak, Darmawan saat menyosialisasikan informasi layak anak di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan pembentukan media center sahabat anak juga ditujukan untuk menghindari berbagai informasi tidak baik, yang cenderung mengarah kepada konteks kekerasan, pornografi dan lain sebagainya.

Pihaknya mengatakan kemajuan teknologi dan informasi yang cepat dan tanpa filterisasi akan membawa dampak buruk bagi perkembangan mental anak. Oleh karena itu ujar dia, keberadaan media center sahabat anak memiliki peran strategis dalam hal tersebut.

"Kita mewaspadai anak-anak yang mencari tugas dan informasi di internet, namun terkadang muncul saja konten dewasa, dan bertemakan kekerasan sehingga buruk bagi mental anak," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika setempat Yalvi Endri mengatakan pemerintah Kota Pariaman telah berupaya menciptakan kota layak anak dengan berbagai sarana dan prasarana pendukung.

Beberapa upaya yang dilakukan dalam penerapan kota layak anak kata dia, seperti membentuk taman bermain Skate Park, taman bermain Anas Malik, Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) ramah anak, hingga pembentukan Peraturan Daerah (Perda) nomor 10 tahun 2013 tentang penyakit masyarakat.

"Perda tersebut dibuat untuk mewaspadai anak-anak yang melanggar aturan seperti bermain internet saat jam pelajaran dan menonton hiburan orgen tunggal hingga larut malam," kata dia.

Selain itu ujarnya, pemerintah setempat juga membentuk forum anak yang memiliki fungsi menjembatani berbagai kebutuhan anak dengan pemerintah daerah.

Pihaknya menyebutkan pemerintah daerah sedang mencari tempat representatif untuk mendirikan media center sahabat anak. (*)