BNI Tak Kenal Libur Demi Percepatan Penyaluran PKH

id #BNI salurkan PKH

BNI Tak Kenal Libur Demi Percepatan Penyaluran PKH

Petugas BNI Cabang Bengkalis usai penyaluran PKH, Sabtu (26/8). (c)

Dumai (Antarasumbar) - Jajaran PT. Bank Negara Indonesia, (Persero) Tbk Regional Sumbar, Riau, Kepri dan Kerinci tak mengenal waktu libur demi percepatan penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) pada dua kecamatan di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

Dua kecamatan itu, meliputi Kecamatan Pinggir dengan jumlah penerima sebanyak 679 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan Kecamatan Mandau sebanyak 1.446 KPM yang berlangsung, pada 26-27 Agustus 2017.

Program yang diinisiasi oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia, yang mempercayai dalam penyerahan bantuan sosial itu pada BNI.





Acara penyerahan bantuan sosial ini dihadiri langsung oleh Pimpinan Bank BNI Cabang Dumai yang diwakili oleh Andi Wardana selaku Pemimpin Bidang Layanan BNI Cabang Dumai. Turut hadir pada kegiatan penyerahan Bantuan Sosial ini perwakilan dari Kementrian Sosial.

Andi Wardana mengungkapkan bahwa penyerahan bantuan sosial ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang memang sangat membutuhkan bantuan.

CEO BNI Wilayah Sumbar, Riau dan Kepri, Rahmad Hidayat yang ditemui dikesempatan berbeda menyampaikan rencana penyerahan Bansos yang kali ini diserahkan oleh BNI Cabang Dumai segera disalurkan melalui gelaran acara penyaluran Bansos PKH hingga akhir Agustus 2017.

Rahmad menyampaikan bahwa penyerahan Bansos ini memanfaatkan sistem perbankan yang terintegrasi, dengan harapan mekanisme penyaluran dengan cara ini akan menjadikan penyerahan lebih tepat sasaran.

Masyarakat penerima bantuan akan memperoleh buku tabungan disertai Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang juga sekaligus dapat berfungsi sebagai Kartu Debit.

Dengan menggunakan KKS tersebut, masyarakat akan lebih fleksibel dalam melakukan pencairan bantuan melalui jaringan perbankan di ATM atau melalui mesin-mesin EDC yang tersedia di Agen46 yang merupakan perpanjangan tangan BNI.

Disamping itu para penerima bantuan diharapkan juga teredukasi untuk meningkatkan budaya menabung dan dapat menggunakan uang dengan lebih bijaksana.

Untuk memenuhi komitmen penyaluran ini, kata Rahmad, semua tim BNI Dumai turun dan ikut serta ke lapangan meskipun pada hari libur kerja, tapi ini merupakan bentuk dan komitmen BNI kepada Masyarakat khususnya PKH.





Selain melakukan penyerahan bantuan, BNI juga memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penggunaan dana bantuan tersebut. Sejumlah dana bantuan dari pemerintah tersebut telah dimasukkan kedalam rekening masing-masing KPM.

Penyaluran bantuan melalui program PKH ini diharapkan menjadi salah satu sarana kegiatan yang dapat membantu upaya pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Sistem penyaluran yang bersinergi dengan pihak perbankan adalah langkah yang sangat tepat untuk mempercepat pelaksanaan penyaluran bantuan sosial serta dapat mendorong peningkatan kesejahteraan dari kelompok masyarakat yang membutuhkan bantuan, katanya. (Rls/Ant)