Bupati Solok Ajak Masyarakat Tingkatkan Taraf Kesehatan Melalui JKN-KIS

id JKN-KIS

Bupati Solok Ajak Masyarakat Tingkatkan Taraf Kesehatan Melalui JKN-KIS

Bupati Solok Gusmal memberikan arahan saat pekan sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) BPJS di Arosuka, Jumat (25/8). (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Bupati Solok, Sumatera Barat Gusmal mengajak masyarakat setempat meningkatkan taraf kesehatan dengan mengikuti program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) melalui BPJS Kesehatan.

"BPJS Kesehatan melalui programnya memberi jaminan bagi masyarakat untuk dapat berobat dengan mudah di tempat-tempat pengobatan dan rumah sakit yang ditunjuk, sehingga taraf kesehatan pesertanya meningkat dan lebih terjamin," kata dia pada acara Pekan Sosialisasi Program JKN-KIS bagi warga setempat di Arosuka, Jumat.

Ia menjelaskan sosialisasi program JKN-KIS ini akan menambah wawasan akan pentingnya jaminan kesehatan bagi masyarakat.

Masyarakat dapat mengerti berbagai permasalahan tentang fasilitas dan pelayanan kesehatan yang diperoleh dengan menjadi peserta JKN-KIS.

Program ini kata dia, membantu program pemerintah daerah di bidang kesehatan yakni meningkatnya angka kesehatan masyarakat, sedangkan bagi BPJS sebagai mitra dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan yang terjangkau.

Ia meminta kepala OPD, pimpinan perusahaan, camat dan wali nagari agar dapat membantu menyosialisasikan program ini, sehingga masyarakat memiliki pemahaman yang baik akan pentingnya jaminan kesehatan.

Sementara itu Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok, Rizka Adhiati mengatakan peserta BPJS Kesehatan secara nasional telah mencapai 70 persen, sedangkan untuk Kabupaten Solok telah mencapai 59 persen dari jumlah penduduk atau sebanyak 23.789 jiwa.

Peserta diharapkan dapat melaksanakan pembayaran premi secara teratur, karena iuran ini akan digunakan untuk jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Ia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, karena telah melaksanakan kerja sama dengan baik, semoga hubungan ini berjalan baik untuk ke depannya, ujarnya.

Acara sosialisasi itu juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Solok, Kapolres Arosuka, Kepala Kejari Solok, Ketua Pengadilan Negeri Koto Baru, Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, dan Camat se-Kabupaten Solok. (*)