SEA Games - Indonesia Masih di Posisi Lima Hingga Hari Ketujuh

id SEA GAMES

SEA Games - Indonesia Masih di Posisi Lima Hingga Hari Ketujuh

Perenang Siman Sudartawa mengibarkan bendera Merah Putih ketika kontingen Indonesia mengikuti devile pembukaan SEA Games XXIX di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Sabtu (19/8). Pesta olahraga yang diikuti 11 negara di Asia Tenggara tersebut berlangsung pada 19-30 Agustus 2017. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/kye/17)

Kuala Lumpur, (Antara Sumbar) - Kontingen Indonesia hingga hari ketujuh pelaksanaan SEA Games 2017 di Malaysia, Jumat masih tertahan di posisi lima klasemen sementara dengan raihan 19 emas, 24 perak dan 40 perunggu atau selisih lima emas dengan Thailand yang di posisi empat.

Untuk posisi puncak saat ini tetap dipegang oleh tim tuan rumah Malaysia dengan raihan 63 emas, 45 perak dan 39 perunggu, sedangkan posisi dua adalah Vietnam dengan 37 emas, 25 perak dan 32 perunggu.

Selisih medali dengan Negeri Gajah Putih terbilang paling jauh selama kejuaraan dua tahunan itu berlangsung. Kondisi ini menjadi pekerjaan rumah Indonesia untuk mengejarnya meski perjuangan untuk meraihnya tidak bakal mudah.

Meski demikian, peluang untuk menambah emas masih terbuka bagi kontingen Indonesia. Cabang olahraga yang diharapkan mampu mendulang pundi medali bagi kontingen Merah Putih di antaranya atletik dan renang. Dari dua cabang ini ada 16 emas yang diperebutkan.

Renang yang sudah menyumbang dua emas dari I Gede Siman Sudartawa dan Triady Fauzi diharapkan terus melaju. Ada nama Indra Gunawan dan Triady Fauzi yang diharapkan menjadi tulang punggung kontingen Indonesia yang dipimpin oleh Aziz Syamsuddin itu.

"Saya puas dengan mampu meraih emas. Hasil kerja keras berlatih selama ini berhasil. Semoga seterusnya mampu meraih hasil terbaik," kata salah satu perenang andalan Indonesia, Triady Fauzi.

Dari lintasan lari Stadion Bukit Jalil, atletik dipastikan bakal menjadi primadona. Setelah sukses mengumpulkan dua emas dari Hendro dan Triyaningsih, kontingen Indonesia mendapatkan peluang di beberapa nomor andalan, seperti lompat jauh putri lewat Maria Londa.

Tidak hanya itu, Triyaningsih yang sukses di nomor 10 meter akan diuji di nomor 5000 meter. Begitu juga dengan Agus Prayogo yang akan turun di 10 meter. Peluang lagi pada nomor lari 4X100 meter putra hingga heptathlon lewat Emilia Nova.

Selain dua nomor tersebut, tenis juga mempunyai peluang untuk meraih emas setelah atlet andalan, yaitu Christopher Rungkat lolos ke final. Pada partai puncak ini bakal menghadapi wakil Thailand, Jirat Navasirisombon.

"Saya sendiri optimistis mendapatkan medali emas. Menurut saya Wishaya yang saya hadapi di semifinal yang paling berat di nomor tunggal," kata pemain tunggal terbaik Indonesia saat ini.

Pencak silat yang gagal merebut medali emas kembali mendapatkan peluang di nomor putri. Adalah pasangan Ririn Rinasih dan Riska Hermawan yang diharapkan meraih hasil terbaik. Sedangkan untuk nomor tanding baru memasuki babak kualifikasi.

Dari cabang permainan, tim bola voli putri akan menghadapi Myanmar. Sedangkan bola basket kedua timnas akan bertanding yang semuanya akan menghadapi Thailand. Begitu juga dengan futsal. Timnas putri bakal menghadapi Thailand, sedangkan putra bakal menghadapi Vietnam di Panasonic Sport Complex Shah Alam. (*)