Kata MPR, Korupsi, Terorisme, Narkoba Tantangan Kebangsaan yang Harus Diselesaikan

id Mahyudin

Kata MPR, Korupsi, Terorisme, Narkoba Tantangan Kebangsaan yang Harus Diselesaikan

Wakil Ketua MPR RI, Mahyudin. (Antara)

Samarinda, (Antara Sumbar) - Wakil Ketua MPR Mahyudin menilai Indonesia memiliki tiga tantangan utama yang harus segera diselesaikan agar bisa menjadi negara maju, yaitu korupsi, terorisme dan narkoba.

"Ada tiga pokok tantangan kebangsaan yang harus segera diselesaikan, yaitu korupsi, terorisme, narkoba," kata Mahyudin dalam menyampaikan sosialisasi empat pilar MPR kepada mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945, di Samarinda, Kamis.

Dia menjelaskan masalah korupsi di Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan karena dilakukan mulai tingkat pusat hingga desa.

Kondisi itu, menurut dia, tidak bisa dibiarkan terus-menerus, sehingga semua pihak harus memahami lebih dalam mengenai Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.

"Memerangi korupsi dengan memberikan kesadaran pada aparat penyelenggara negara tentang rasa tanggung jawab dan cinta kepada Tanah Air," ujarnya.

Politisi Partai Golkar itu mengatakan untuk tantangan terorisme, perlu adanya kesadaran lebih pada masyarakat terkait ajaran agama yang dianutnya.

Menurut dia, saat ini ada kecenderungan masyarakat gampang kagum terhadap suatu hal sehingga langsung mengadopsi pemahaman tersebut, padahal sebenarnya bertentangan dengan ideologi Pancasila.

"Misalnya ada seorang masuk ke Indonesia menggunakan sorban lalu dinilai masyarakat paling baik, padahal sebenarnya menyebarkan paham yang bertentangan dengan Pancasila," katanya.

Untuk masalah narkoba, Mahyudin mengingatkan bahwa untuk menghancurkan bangsa Indonesia tidak perlu menggunakan bom namun dengan memberikan kepada generasi muda.

Hal itu, menurut dia, menegaskan bahwa narkoba sangat berbahaya sehingga semua masyarakat harus bangkit melawan bahaya narkoba dengan sistem pengawasan hingga tingkat Rukun Tetangga.

"Kita belum bangkit menjadi negara maju padahal Indonesia punya sumber daya alam yang kaya, memiliki tanah yang baik untuk bercocok tanam, dan sinar matahari yang bersinar sepanjang tahun," ujarnya. (*)