Kebakaran Meluas di Albania Karena Cuaca Panas

id kebakaran hutan

Kebakaran Meluas di Albania Karena Cuaca Panas

Ilustrasi kebakaran. ((AAP/Dan Himbrechts/via REUTERS ))



Tirana, Albania, (Antara Sumbar) - Lebih dari 10 kebakaran besar telah terjadi di Albania dalam 24 jam belakangan sementara ratusan personel Angkatan Bersenjata dikerahkan, kata kantor darurat sipil Albania di dalam satu pernyataan pada Senin (21/8).

Beberapa hari sebelumnya, kondisi kebakaran di Albania telah dikendalikan berkat hujan dan turunnya temperatur, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa pagi. Namun, Albania kembali terancam kebakaran yang telah berkobar di seluruh negeri itu selama lebih dari satu bulan.

Pada Ahad malam (20/8), pemerintah di Tirana mengatakan si jago merah mendekati rumah di beberapa desa dan operasi untuk memadamkan kebakaran terus berlangsung sepanjang malam.

"Kebakaran telah melahap sangat banyak wilayah hutan pinus di sekitar Voskopoja di Kota Praja Korca (Albania Tenggara), sehingga membahayakan desa wisatawan, sementara kebakaran lain berkobar di satu hutan pinus di Desa Surrel di Kota Praja Tirana," kata Departemen Keadaan Darura Sipil.

Pemerintah Albania telah memutuskan untuk mengalokasikan lebih banyak dana untuk menangani kondisi darurat tersebut.

Satu pekan sebelumnya, pemerintah menyetujui perubahan anggatan dan mengalokasikan satu miliar lek (8,9 juta dolar AS) guna menanggulangi kebakaran.